Maksimalkan Bokeh Kamera Ponsel

Era smartphone 2018 semakin canggih. Salah satu yang mulai merebak adalah tren foto bokeh (buram) yang dihasilkan dari kamera ponsel.

Raksasa teknis berlomba-lomba menyematkan ponsel utama mereka di dua kamera, menghadirkan hasil kamera yang menarik tersebut. Namun seberapa besar tenaganya, jika Anda sudah memiliki smartphone yang canggih namun belum memanfaatkannya secara maksimal maka foto yang Anda dapatkan dengan cara ini juga akan kurang maksimal.

Walaupun pasti ingin mendapatkan banyak like di media sosial karena foto yang kamu unggah keren. Nah berikut beberapa tips sederhana untuk mencoba mengambil gambar bokeh dengan kamera ponsel.

1. Pastikan ponsel Anda mendukung fitur mode potret

5 Tips Memaksimalkan Bokeh Mobile Camera Untuk Mengumpulkan Seperti Harvesting di Sosmed9to5google.com
Beberapa telepon kamera didukung dalam mode potret di menu kamera. Jadi di menu kamera ponsel kamu, kamu bisa cek untuk melihat apa yang mode potret itu dan aktifkan, sobat!

Sebenarnya bukan hanya ponsel dengan dua kamera yang bisa memotret bokeh lho! Ada juga ponsel kamera yang bisa mengambil gambar bokeh keren.

Salah satunya adalah Google Pixel 2 yang memiliki kamera. Namun dengan algoritma software canggih Google, kamera ini mampu menghasilkan foto bokeh yang tak kalah impresif dari handset dua kamera.

2. Pastikan objek dan latar belakangnya tidak kurang dari dua meter

5 Tip untuk Memaksimalkan Kamera Bokeh Mobile Anda untuk Pemanenan Seperti SosmedTtwitter.com/@masked1193
Foto bokeh terlihat menarik karena dapat mengaburkan latar belakang dan hanya fokus pada objek foto. Selain kedua kamera tersebut, kamera ponsel mengambil gambar bokeh dengan melakukan proses dengan perangkat lunak ponsel.

Perangkat lunak ponsel memilih objek foto target dan mengaburkan foto latar belakang. Oleh karena itu, Anda dapat mengambil gambar bokeh meskipun jarak latar belakang yang diambil dekat dengan subjek. Tapi ini akan terlihat aneh, bung!

Oleh karena itu, Anda harus dapat menemukan latar belakang yang cukup jauh dari subjek Anda. Setidaknya dua meter membuat foto bokeh lebih realistis dan profesional dibanding kamera ganda Xiaomi Mi A1 di atas.

3. Masukkan jarak dekat antara telepon dan subjek

LANJUTKAN MEMBACA ARTIKEL BERIKUT
Pilihan Editor
Bocorannya, 7 fitur baru dikabarkan akan hadir di iPhone 13
8 game baru, dirilis pada November 2020, kebanyakan konsol generasi baru
8 Manfaat Membeli Ponsel Bekas, Hemat dan Ramah Lingkungan
5 Tips Memaksimalkan Bokeh Mobile Camera Agar Terlihat Vintage di Sosmedphonearena.com
Foto Bokeh yang diambil dengan kamera ponsel akan dimaksimalkan apabila jarak ke subjek tidak terlalu jauh. Sebab dalam mode potret, subjek manusia sebenarnya difoto dari perut ke atas, lho!

Semakin dekat jarak objek dengan handphone kamu, lensa kamera akan semakin mudah membedakan background mana yang akan diburamkan dan semakin detail objek utama yang kamu ambil, sobat!

4. Sesuaikan komposisi gambar yang ingin Anda tangkap

5 Tips Memaksimalkan Bokeh Ponsel Anda Agar Terlihat Seperti Vintage di Sosmedphonearena.com
Komposisi sangat penting dalam dunia fotografi. Saat mengambil gambar bokeh dari kamera, komposisi gambar yang ingin diambil juga harus diperhitungkan!

Kamera ponsel menggunakan algoritme yang berasal dari perangkat lunak ponsel untuk menciptakan efek bokeh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga membantu menyederhanakan software kamera dengan menentukan komposisi latar belakang objek foto.

Kamera ponsel biasanya sulit membedakan objek dengan latar belakang berwarna serupa. Jadi kamu bisa mencoba background berbeda dengan warna kulit atau baju yang kamu kenakan, seperti hasil dari kamera Google Pixel 2 XL di atas!

Foto bokeh yang dihasilkan lebih optimal karena warna latar berbeda dengan kulit, rambut, dan pakaian objek foto, sobat!

Baca juga: