Apa Perbedaan Antara Kkal dan Kalori?

Kalori adalah ukuran energi. Mereka mengacu pada jumlah energi dalam makanan dan minuman, atau jumlah energi yang Anda bakar saat berolahraga.

Bergantung pada tempat tinggal Anda, energi juga dapat diukur dalam kilokalori (kkal) dan kilojoule (kJ).

Hal ini dapat menimbulkan kebingungan, terutama jika Anda menghitung kalori atau membandingkan kandungan kalori dari berbagai makanan dan minuman.

Artikel ini menjelaskan pengertian kalori dan perbandingannya dengan kkal dan kJ, serta cara mengonversi keduanya.

Andresr / Getty Images

Table of Contents

Perbedaan utama

Jika menyangkut kalori, mungkin “kecil” atau “besar”.

Jika huruf “c” dalam kalori adalah huruf besar, itu menunjukkan kalori yang besar, dan jika huruf kecil, itu menunjukkan kalori kecil.

Kalori yang besar memperkirakan jumlah energi yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 kg (2,2 pon) air sebesar 1 ° C (34 ° F) (1Trusted Source).

Di sisi lain, kalori kecil memperkirakan jumlah energi yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 gram (0,035 ons) air sebesar 1 ° C (34 ° F) (1Trusted Source).

Dengan definisi ini, 1 kalori besar sama dengan 1.000 kalori kecil, karena 1 kg sama dengan 1.000 gram.

Untuk menghindari kebingungan antara kalori besar dan kecil, ada anggapan bahwa istilah kilokalori – awalan “kilo” yang berarti 1.000 – dibuat untuk merujuk pada kalori besar (1Trusted Source).

Namun, istilah kalori kecil jarang digunakan saat ini di luar penelitian fisika dan kimia.

Sebaliknya, istilah kalori – dengan huruf kapital atau tidak – dan kkal digunakan secara bergantian dan mengacu pada jumlah energi yang sama dalam kaitannya dengan makanan atau energi yang dibakar dengan olahraga.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu mengubahnya, karena 1 kilokalori sama dengan 1 kalori dalam nutrisi.

Kalori juga dapat dinyatakan sebagai kilojoule (kJ).

Satu kalori (kkal) sama dengan 4,18 kJ atau 4.184 joule (J) (1Trusted Source).

Untuk mengubah dari kalori menjadi kJ, kalikan kalori dengan 4,18. Sebaliknya, untuk mengubah dari kJ menjadi kalori, bagi kJ dengan 4,18.

Misalnya, pisang ukuran sedang (118 gram) menyediakan 105 kalori (kkal) atau 439 kJ (2Trusted Source).

RINGKASAN
Dalam hal nutrisi dan olahraga, kilokalori (kkal) dan kalori sama dengan jumlah energi. Kalori juga dapat dinyatakan sebagai kilojoule (kJ), dengan satu kalori atau kkal sama dengan 4,18 kJ.

Baca juga: