Tanda-tanda Kanker Payudara

Semua orang berbicara tentang pentingnya menangkap benjolan payudara sedini mungkin. Tapi tahukah Anda ada sejumlah gejala kanker payudara yang kurang dikenal yang mungkin tidak muncul pada pemeriksaan mandiri atau mammogram?

Menurut American Cancer Society (ACA), kanker payudara adalah kanker yang paling umum terjadi pada wanita Amerika, selain kanker kulit, dan itu adalah kanker paling mematikan kedua bagi wanita setelah kanker paru-paru.

Rata-rata, ada sekitar 1 dari 8 kemungkinan seorang wanita AS akan terkena kanker payudara pada suatu saat dalam hidup mereka. ACA memperkirakan bahwa lebih dari 40.000 wanita akan meninggal akibat kanker payudara pada tahun 2020.

Bentuk kanker payudara yang paling umum adalah kanker payudara invasif, yaitu semua jenis yang telah menyerang jaringan payudara.

Bentuk yang kurang umum termasuk kanker payudara inflamasi (yang disebabkan oleh sel kanker yang menghalangi pembuluh getah bening di kulit, menyebabkan payudara terlihat meradang) dan penyakit Paget, yang melibatkan kulit pada puting atau areola.

Dengan tingkat kanker payudara yang tinggi, American Cancer Society merekomendasikan wanita memiliki pilihan untuk memulai mammogram tahunan pada usia 40. Organisasi tersebut mengatakan wanita berusia antara 45 dan 54 tahun harus mendapatkan mammogram setiap tahun.

Dan sementara penyakit ini paling sering ditemukan dengan mendeteksi benjolan selama mammogram, ada tanda dan gejala kanker payudara lain yang kurang diketahui yang harus diwaspadai oleh wanita.

Keluarnya cairan dari puting

Keluarnya cairan yang tidak biasa dari puting dapat menjadi indikator bahwa ada yang tidak beres pada payudara.

Menurut Marisa Weiss, MD, ahli onkologi payudara dan pendiri BreastCancer.org, keluarnya cairan yang berdarah atau berwarna merah muda dan umumnya hanya di satu sisi mungkin dapat menunjukkan adanya kanker di jaringan payudara, terutama jika terus berlanjut.

Perubahan kulit

Perubahan kulit sebenarnya adalah salah satu tanda paling umum dari kanker payudara.

“Kulit yang tebal atau kemerahan, disertai sedikit bengkak seperti kulit jeruk adalah tandanya,” kata Weiss. “Anda melihat lesung pipit di mana folikel rambut berada, seperti jeruk pusar.”

Perbedaan kulit seperti penebalan, lesung pipit, dan perubahan warna dapat mengindikasikan adanya peradangan kanker payudara.

Kerak puting

Kemerahan, bersisik, pengerasan kulit, atau pengelupasan pada puting atau areola dapat menjadi tanda penyakit Paget, yang dapat menjadi indikasi awal kanker payudara.

Perubahan kulit pada puting sering kali terlihat seperti kondisi yang lebih jinak seperti psoriasis atau eksim, tetapi tidak merespons pengobatan tradisional untuk masalah tersebut dan malah memburuk.

Bentuk baru atau peningkatan ukuran payudara

Payudara yang membesar – terutama jika pembengkakan di satu payudara – atau perubahan bentuk payudara, dapat mengindikasikan masalah di dalam jaringan.

“Bentuk yang tidak biasa dengan kontur yang terdistorsi dan ada tonjolan di salah satu bagian payudara bisa menjadi tanda kanker,” kata Weiss.

“Bisa terasa seperti benjolan, tapi bisa juga bagian payudara yang terasa lebih kencang, dan Anda tidak bisa merasakan benjolan di dalamnya,” katanya. “Ini juga sering menjadi lebih jelas saat bergerak di posisi yang berbeda.”

Puting susu terbalik

Puting susu yang terlihat datar atau terbalik, serta puting yang mengarah ke arah yang berbeda dari sebelumnya, bisa menjadi tanda kanker payudara.

“Alih-alih menunjuk langsung ke luar atau ke bawah, itu tidak lagi terlihat ke arah yang sama, tetapi di tempat yang berbeda,” kata Weiss.

Puting datar atau terbalik adalah tanda umum lain dari penyakit Paget.

Luka dan hot spot

Bintik merah atau panas pada payudara, terkadang menutupi seluruh payudara, juga luka, bisa menjadi indikator peradangan kanker payudara.

Sementara bintik merah atau panas juga dapat mengindikasikan mastitis – peradangan jaringan payudara akibat infeksi, paling sering dialami selama menyusui – gejala mastitis biasanya disertai demam.

Luka memang bisa menjadi berbagai masalah jinak, mulai dari gigitan serangga hingga pori-pori yang tersumbat, tetapi ketika luka tersebut tidak sembuh dan bertambah parah, inilah waktunya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Bintik merah atau panas tanpa demam yang menetap dan tidak kunjung membaik dapat berarti ada kanker payudara.

Baca juga: