Srikaya, Buah dengan Ragam manfaat

Srikaya, Buah dengan Ragam manfaat

Srikaya, Buah dengan Ragam manfaatSrikaya, Buah dengan Ragam manfaat

Srikaya, atau Mulwo kalau orang jawa menyebutnya. mempunyai ciri buah bundar atau mirip kerucut cemara, berdiameter 6 hingga 10 cm, dengan kulit berbenjol dan bersisik. daging buahnya putih, banyak tumbuh di daerah tropis, namun kini keberadaan nya kian langka.
Selain ber\Gizi, buah srikaya merupakan buah yang mengandung banyak sekali manfaat. mulai dari buah, daun, biji, kulit, kayu, hingga akar nya.

A. Manfaat buah srikaya, adapun manfaat buah srikaya antara lain.

1. Kandungan Vit B6 dalam buah srikaya dapat mencegah terjadinya penumpukan Heosistein, kandungan yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung.
2. Dengan kandungan vitamin B dan C, mengkonsumsi srikaya juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
3. Mencegah diabetes, karena buah srikaya kaya akan serat. buah yang kaya serat akan memperlancar saluran pencernaan, dan juga memperlambat laju penyerapan gula darah.
4. Baik untuk pertumbuhan otak bayi. Asam folat yang juga terkandung dalam buah srikaya, sangat bermanfaat bagi pertumbuhan otak bayi. maka ibu hamil sangat di sarankan untuk mengkonsumsi asam folat untuk kebutuhan otak bayi.

B. Manfaat daun srikaya. tak hanya buah nya saja yang bermanfaat, namun daun srikaya juga bisa berkhasiat untuk kesehatan tubuh, seperti :
1. Mengobati antiradang
2. Mengobati diare
3. Mengobati disentri
4. Membantu mekancarkan pencernaan
5. Mengobati batuk ringan
6. Demam, hingga flu

C. Manfaat biji srikaya.
1. Membasmi kutu anjing. mandikan anjing yang berkutu dengan air rebusan daun atau biji sirsaknya. caranya, tumbuk biji dan daun buah srikaya, tambahkan air secukupnya. saring air dan gunakan air saringan tadi untuk memandikan anjing.
2. Mematikan kutu di kepala, bagi yang mempunyai kutu kepala, coba cara berikut ini, siapkan 10 butir biji srikaya dan 1 genggam daun nya. lalu giling sampai halus, tambahkan sedikit minyak kelapa, terakhir aduk hingga merata. untuk pemakaian nya, tuangkan pada kulit kepala, lalu bungkus dengan kain, diamkan selama tiga jam. lalu buka dan cuci sampai bersih dan hindari air bilasan masuk kedalam mata karena bisa membuat iritasi dan meradang.
3. Mematangkan bisul. siapkan isi buauh srikaya yang sudah masak. lalu giling atau tumbuk sampai halus, dan tambahkan sedikit garam lalu aduk hingga merata, tuangkan pada bisul. dan balut dengan kain kasa.

D, Manfaat kulit kayu dan akar srikaya.
Akar srikaya dipercaya mempu mengobati smbelit, diare, disentri akut, depresi mental, dan nyeri tulang punggung. sedangkan kulit kayu digunakan untuk mengatasi diare, disentri dan luka berdarah.
Sebagai contoh penggunaan kulit kayu untuk mengobati diare adalah sebagai berikut ;
Cuci kulit kayu srikaya ( 6 sampai 9 gram ). potong kecil-kecil, lalu tambahkan gula merah secukupnya. rebus dengan empat gelas air hingga tersisa setengahnya. setelah dingin, minum dua kali sehari, masing-masing satu gelas.

Sumber: https://scorpionchildofficial.com/apple-jual-produk-nokia/