Tata Kelola Kepemerintahan yang Baik dan Kinerja Birokrasi Pelayanan Publik

Tata Kelola Kepemerintahan yang Baik dan Kinerja Birokrasi Pelayanan Publik

Ada beberapa alasan mengapa pelayanan publik menjadi titik strategis untuk memulai pengembangan dan penerapan good and governance di Indonesia. Pertama, pelayanan publik selama ini menjadi area di mana negara yang diwakili pemerintah berinteraksi dengan leembaga nonpemerintah. Keberhasilan dalam pelayanan publik akan mendorong tingginya dukungan masyarakat terhadap kerja birokrasi. Kedua,pelayanan publik adalah wilayah dimana berbagai aspek good and clean governance bisa diartikulasikan secara lebih mudah. Ketiga, pelayanan publik melibatkan kepentingan semua unsur governance, yaitu pemerintah, masyarakat, dan mekanisme pasar. Dengan demikian, pelayanan publik menjadi titik pangkal efetifnya kinerja birokrasi.

Kinerja birokrasi adalah ukuran kuantitatif dan kualitatif yang menggambarkan tingkat pencapaian sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan dengan memperhitungkan elemen-elemen indikator sebagai berikut ini:

  1. Indikator masukan (inputs), adalah segala sesuatu yang dibutuhkan agar birokrasi mampu menghasilkan produknya, baik barang atau jasa, yang meliputi sumber daya manusia, informasi, kebijakan dan sebagainya.
  2. Indikator proses (process), yaitu sesuatu yang berkaitan dengan proses pekerjaan berkaitan dengan kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan yang diharapkan langsung dicapai dari suatu kegiatan yang berupa fisik ataupun nonfisik.
  3. Indikator produk (outputs), yaitu sesuatu yang diharapkan langsung dicapai dari sesuatu kegiatan yang berupa fisik ataupun nonfisik.
  4. Indikator  hasil (outcomes), adalah sesuatu yang mencerminkan berfungsinya produk kegiatan pada jangka waktu menengah (efek langsung).
  5. Indikator manfaat (benefit), adalah sesuatu yang terkait dengan tujuan akhir dari pelaksanaan kegiatan.
  6. Indikator dampak (impacts) adalah pengaruh yang ditimbulkan, baik positif maupun negatif pada setiap tingkatan indikator berdasarkan asumsi yang telah ditetapkan.

Manfaat Adanya Good Governance

  1. Mendorong tercapainya kesinambungan pemerintahan melalui pengelolaan yang didasarkan pada aspek transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, serta kesetaraan dan kewajaran.
  2. Mendorong timbulnya kesadaran dan tanggung jawab sosial masyarakat.
  3. Meningkatkan kepercayaan pasar yang dapat mendorong arus investasi dan pertumbuhan ekonomi nasional yang berkesinambungan
  4. Berkurangnya secara nyata praktek  KKN  di birokrasi  yang antara  lain   ditunjukan dengan hal-hal sebagai berikut :
  5. Tidak adanya manipulasi pajak;
  6. Tidak adanya pungutan liar;
  7. Tidak adanya manipulasi tanah;
  8. Tidak adanya manipulasi kredit;
  9. Tidak adanya penggelapan uang negara;dll
  10. Terciptanya  sistem  kelembagaan  dan  ketatalaksanaan  pemerintahan  yangbersifat efektif, efisien, transparan, profesional dan akuntabel :
  11. Sistem kelembagaan lebih efektif, ramping, fleksibel;
  12. Kualitas tata laksana dan hubungan kerja antar lembaga di pusat, dan antar  pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota lebih baik;
  13. Sistem administrasi pendukung dan kearsipan lebih efektif dan efisien;
  14. Dokumen/arsip negara dapat diselamatkan, dilestarikan, dan terpelihara dengan baik;
  15. Terhapusnya  peraturan  perundang-undangan  dan  tindakan  yang  bersifat  diskriminatif terhadap warga negara, kelompok, atau golongan masyarakat :
  16. Kualitas pelayanan kepada masyarakat dan dunia usaha (swasta) Meningkat.
  17. SDM, prasarana, dan fasilitas pelayanan menjadi lebih baik.
  18. Berkurangnya hambatan terhadap penyelenggaraan pelayanan public.
  19. Prosedur  dan  mekanisme  serta  biaya  yang  diperlukan  dalam pelayananpublik lebih baku dan jelas.
  20. Penerapan sistem merit dalam pelayanan.
  21. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan  publik.
  22. Penanganan pengaduan masyarakat lebih intensif.
  23. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan kebijakan pelayanan publik

Baca juga: