Propolis

Propolis

Table of Contents

PropolisPropolis

Propolis adalah suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu. Dikumpulkan oleh lebah madu dari pucuk daun-daun yang muda untuk kemudian dicampur dengan enzim tertentu dari dalam tubuhnya, digunakan untuk menambal dan mensterilkan sarang.
Propolis atau lem lebah ini dihasilhan dari tunas pohon tertentu yang dikumpulkan lebah kemudian mencampur bahan resin dengan sekresi saliva dan lilin lalu digunakan untuk mensterilkan pintu masuk sarang. Propolis juga bertugas mensterilkan bagian dalam sarang terhadap kuman, bakteri dan virus. dimana didalam sarang terdapat ratu sarang yang bertugas untuk bertelur.
Propolis mengandung senyawa fenolik semacam flavonoid yang telah terbukti mampu melakukan kegiatan biologi antara lain antibakteri, anti inflamasi( anti radang), anti allergi serta vasodilatory (pelebaran pembuluh darah yang berefek pada meningkatnya aliran darah serta penurunan tekanan darah )
Aktivitas biologis dari propolis terutama disebabkan oleh senyawa fenolik seperti flavonoid. Flavonoid telah dilaporkan untuk menunjukkan berbagai kegiatan biologi, termasuk antibakteri, antivirus, anti-inflamasi, anti-alergi tindakan, dan vasodilatory.
Manfaat Propolis bagi kesehatan antara lain :
  1. Untuk anti jamur, antivirus serta antibakteri
  2. Mengobati virus TBC, flu, demam berdarah, dll
  3. Mengobati penyakit yang berhubungan dengan bakteri, seperti : muntaber, thypus, keputihan karena bakteri
  4. Pengobatan penyakit yang berhubungan dengan Jamur, seperti : panu, keputihan akibat jamur, ketombe
  5. Anti radang serta obat luka, seperti luka bakar, maag, radang tenggorokan, radang ginjal
  6. Pengobatan untuk penderita kanker maupun mutagenesis sel, seperti kanker, mium, kista
  7. Blood cleansing serta detoksifikasi, sehingga efektif untuk beberapa ganguan kesehatan seperti : trigliserin, kolesterol, darah tinggi, stroke, diabetes mellitus, asam urat, jantung

Habbatussauda :

Habatussauda atau jinten hitam mengandung aneka vitamin, mineral, protein nabati, juga asam lemak tak jenuh. Habbatussauda juga mengandung asam lemak esensial yang penting bagi kesehatan kulit, rambut, selaput lendir, pengendalian tekanan darah, produksi hormon dalam tubuh, dll.
Selain kandungan bahan-bahan alami tersebut, habatussausa juga mengandung nigellon, yang termasuk dalam kategori zat anti-oksidan alami, seperti vitamin C dan A. Habatussauda juga mengandung glutathion yang memiliki peran fundamental dalam melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas.
Berikut kegunaan Habbatussauda bagi kesehatan :
  1. Sebagai Sumber Energi. Habbatus Sauda diketahui membantu pemeliharaan temperatur alamiah tubuh.
  2. Membantu melancarkan ASI dan termasuk sumber gizi yang penting buat ibu dan anak.
  3. Untuk kekebalan (imunitas). Beberapa penelitian baru-baru ini membuktikan efek Habbatus Sauda dalam meningkatkan sistem kekebalan.
  4. Habbatus Sauda juga mengandung asam arginin, yaitu salah satu zat asam yang penting dan sangat dibutuhkan untuk perkembangan anak.
  5. Habbatus Sauda merupakan makanan kesehatan yang penting dan bermanfaat bagi orang-orang tua, karena mengandung berbagai macam zat gizi.

Sumber: https://obatkuatpria.id/korsel-larang-pengumpulan-dana-dari-mata-uang-virtual/