Pendidikan

Table of Contents

Pendidikan

Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.16

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta  keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pendidikan yang yang dialami seseorang memiliki pengaruh dan peningkatan berfikir atau dengan kata lain seseorang yang berpendidikan lebih tinggi akan dapat mengambil keputusan yang lebih rasional umumnya terbuka untuk menerima perubahan atau hal yang baru dibandingkan dengan individu yang berpendidikan lebih rendah. Ibu hamil dengan pendidikan yang lebih tinggi mampu menerima motivasi dalam mememfaatkan pelayanan ANC khususnya kunjungan pertama (K-1) karena tingkat pendidikan merupakan dasar pengembangan daya nalar seseorang untuk memudahkan menerima motivasi.

Pendidikan dapat dikategorikan rendah bila jenjang pendidikan awal sembilan tahun pertama masa sekolah sampai jenjang pendidikan menengah (SMP). Pendidikan dikategorikan tinggi adalah bila jenjang pendidikan menengah (SMA) yang mencakup program pendidikan diploma, sarjana, master, dokter dan spesialis yang diselenggarakan perguruan tinggi

Paritas 

Paritas adalah jumlah persalinan yang pernah dialami seorang wanita. ibu yang sering melahirkan mempuyai resiko kematian anak yang tinggi dibandingkan dengan ibu adalah persalinan yang kedua dan ketiga. paritas 2-3 merupakan paritas yang paling aman dari sudut pandang kematian maternal. makin tinggi paritas lebih tinggi pula kematian maternal.

Paritas yang tinggi memberikan gambaran tingkat kehamilan yang banyak dapat menyebabkan berbagai resiko kehamilan, semakin banyak jumlah kelahiran yang dialami oleh ibu, semakin tinggi resikonya untuk mengalami komplikasi. Seorang ibu hamil (primigravida atau multigravida) yang mempunyai tingkat pengetahuan yang baik, tentunya dapat mengetahui tentang pentingnya gizi seimbang selama kehamilan, serta mengetahui tentang  pentingnya pemeriksaan kehamilan (terutama kehamilan muda atau trimester awal), sehingga komplikasi mengancam dapat terdeteksi sejak dini.

Baca juga: