Globalisasi Dalam Kehidupan

Globalisasi Dalam Kehidupan

Globalisasi Dalam Kehidupan

Globalisasi Dalam Kehidupan

Pengaruh dari Globalisasi sudah mencakup berbagai aspek dalam kehidupan, yaitu:

  1. Globalisasi Ekonomi

Tidak ada definisi yang baku atau standar mengenai globalisasi ekonomi, tetapi secara sederhana globalisasi ekonomi dapat diartikan sebagai suatu proses dimana semakin banyak negara yang terlibatdalam kegiatan ekonomi dunia.

Era globalisasi membuka peluang sekaligus tantangan bagi pengusaha Indonesia termasuk usaha kecil, karena pada era ini daya saing produk sangat tinggi, mengikuti trend pasar, dan kemampuan inovasi produk relatif cepat. Ditinjau dari sisi ekspor berdampak positif terhadap produk tekstil/pakaian jadi akan tetapi kurang menguntungkan sektor pertanian khususnya produk makanan.

  1. Globalisasi Informasi dan Teknologi

Globalisasi Informasi dan Teknologi sangat berpengaruh dengan kelangsungan komunikasi antar manusia di seluruh dunia, karena dimanapun manusia itu tinggal, tetap dapat berkomunikasi satu sama lain meskipun terpisah jarak yang sangat jauh sekalipun.

  1.  Globalisasi Budaya

Globalisasi budaya identik dengan budaya pop yang bersifat fleksibel dan berubah-ubah. Budaya K-pop merupakan budaya modern Korea yang akhirnya menyebar ke seluruh dunia, berkembang menuju indonesia ditandai dengan merebaknya grup vocal dengan gaya hidup K-pop seperti SM*SH, Cherry Belle, JKT 48.

Dengan adanya fenomena tersebut, membuktikan bahwa seluruh budaya didunia dapat dengan bebas dilakukan oleh orang-orang di Negara berbeda, sehingga sering kali terjadi hilangnya suatu budaya tertentu ataupun pergabungan antara budaya yang akhirnya melahirkan budaya baru.

  1. Globalisasi Ilmu Pengetahuan

Globalisasi Ilmu pengetahuan telah memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan umat manusia.  Berlangsungnya globalisasi ilmu pengetahuan memberikan ruang luas kepada manusia untuk semakin giat belajar dan menambah pengetahuaannya. Karena setiap ilmu pengetahuan baru yang ditemukan oleh Negara tertentu akan cepat menyebar dan turut diterapkan pula di Negara lain.

  1. Globalisasi Hukum

Globalisasi hukum akan menyebabkan peraturan-peraturan negara-negara berkembang mengenai investasi, perdagangan, jasa-jasa dan bidang-bidang ekonomi lainnya mendekati negara-negara maju. Globalisasi hukum juga membuat suatu negara tidak lagi dapat mengklaim bahwa mereka adalah penganut suatu system hukum nasional secara mutlak dan kaku, dengan kata lain Negara tersebut harus mampu menciptakan adaptasi hokum dikarenakan hubungan antar Negara sangatlah penting untuk kerjasama di era global ini.


Sumber: https://cipaganti.co.id/waspada-atm-kembali-jadi-target-serangan-malware/