Ciri-Ciri Sperma yang Tidak Sehat

Keberhasilan memiliki bayi ditentukan tidak hanya oleh seberapa sering Anda berhubungan seks, tetapi juga oleh kualitas dan kesehatan sperma Anda. Sebagai sperma yang subur dan sehat, sperma yang tidak sehat juga memiliki karakteristik tertentu yang bisa dilepas. Apa saja fitur ini?

Berbagai tanda sperma yang tidak sehat

Diluncurkan dari situs web Mayo Clinic, kualitas sperma dapat ditentukan oleh struktur (jumlah), jumlah dan kemampuan untuk bergerak.

Ketidaknormalan dalam ketiga aspek dapat mengindikasikan kondisi tertentu yang menyebabkan penurunan kualitas sperma. Berikut adalah tanda-tanda sperma yang tidak sehat:

1. Jumlah sperma rendah

oligospermia jumlah sperma rendah, jumlah sperma rendah
Dalam keadaan normal, manusia mampu mengeluarkan sperma (sperma) yang mengandung lebih dari 15 juta sel sperma per mililiter.

Jika jumlahnya kurang dari angka itu, bisa jadi itu pertanda sperma Anda tidak sehat.

Beberapa pria bahkan mungkin mengalami azoospermia, suatu kondisi di mana sperma tidak mengandung sel sperma.

Kondisi ini dapat mengurangi kemungkinan memiliki anak karena tidak banyak sperma yang bersaing dengan sel telur.

Sepintas, semen yang hanya mengandung sedikit sel sperma akan tampak lebih tipis dan lebih berat. Karena teksturnya cerah, semennya tidak lengket seperti dulu.

Ketika naik dengan hati-hati, warna semen tidak lagi pekat putih atau abu-abu. Anda mungkin menemukan bahwa warnanya menghilang atau cenderung transparan seperti air.

2. Sel sperma cacat

Sumber: San Antonio Fertility Center
Sel sperma normal memiliki bentuk kepala oval dan ekor yang panjang.

Sementara sel sperma yang tidak sehat memiliki ciri khas berupa kelainan bentuk, baik di kepala, ekor maupun bagian lainnya.

Setiap manusia sebenarnya menghasilkan sperma dengan bentuk yang tidak normal. Jumlah sperma yang abnormal bahkan mungkin sesuai dengan jumlah sperma yang sehat.

Ini alami selama sperma sehat dapat berfungsi dengan baik.

Sayangnya, bentuk sel sperma tidak dapat dideteksi dengan mata telanjang.

Tes analisis sperma diperlukan untuk menemukan persentase sel sperma normal. Kehamilan biasanya berlangsung lebih lama jika jumlah sperma normal kurang dari 4 persen.

3. Sperma tidak cukup dengan ketangkasan

proses kehamilan
Sel-sel sperma harus bisa berenang dengan cepat di sepanjang rahim ke saluran tuba agar telur bisa keluar.

Kurangnya kemampuan ini adalah karakteristik lain dari sel sperma yang tidak sehat.

Kelincahan sperma yang menurun dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Dari gangguan fungsi reproduksi dilakukan sejak lahir hingga infeksi, cedera, pembedahan dan kelainan fungsi dan bentuk testis

Seperti bentuk sel sperma, kelincahan sel sperma hanya bisa diukur dengan tes analisis sperma. Hasil tes menggambarkan persentase sel sperma yang mampu bergerak. Sel sperma dikategorikan tidak sehat jika dapat bergerak kurang dari 32 persen.

Karakteristik sperma yang tidak sehat ditunjukkan oleh sejumlah kecil, bentuk abnormal, dan motilitas terbatas.

Karena itu, metode terbaik untuk menguji kualitas sperma Anda adalah dengan lulus tes lab.

Cobalah berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu sehingga Anda dapat mengetahui langkah pertama yang harus diambil.

Hello, Health Group dan Hello Sehat tidak memberikan saran medis, diagnosa, atau perawatan. Lihat halaman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: