Cara Mudah Ternak dan Budidaya Kelinci Hasil Maksimal

Cara Mudah Ternak dan Budidaya Kelinci Hasil Maksimal

Cara Mudah Ternak dan Budidaya Kelinci Hasil Maksimal –  Ternak Kelinci  . Kelinci merupakan salah satu hewan yang bila kita lihat sangat menggemaskan . sehingga banyak orang yang menyukai utuk memeliharanya . Namun disamping itu , kelinci juga memiliki nilai jual lainya yaitu dagingnya . Banyak menu makanan yang menjadikan daging kelinci sebagai bahan utamanya . Sehingga tak heran jika dipasaran permintaan akan adanya kelinci semakin meningkat .
Jika dilihat dari segi peluang usaha, bisns ternnak kelinci tergolong bisnis yang cukup menjanjikan . Untuk itu jika sobat ingin memulai bisnis ternak kelinci ini. Berikut info Cara Mudah Ternak dan Budidaya Kelinci Hasil Maksimal untuk sobat sekalian .
 

Penyedian Kandang Kelinci :

  • Jika kita ingin memelihara atau beternak kelinci mulai dari anakan maka sebiknya kandang yang kita sediakan adalah kandang baterani yang diberi litter. Namun jika kita langsung membeli indukan, maka cukup dibangun kandang baterai saja. Ukuran box baterai kandang kelinci yang bisa digunakan untuk semua jenis kelinci 70 x 50 x 60 cm. (panjang x lebar x tinggi) ini bisa memuat 5 ekor. Namun jika kita ingin megembang biakkan maka dalam satu box kandang cukup diisi dengan sepasang.

 

Perawatan Bibit dan Calon Induk
  • Perawatan bibit menentukan kualitas induk yang baik pula, oleh karena itu perawatan utama yang perlu perhatian adalah pemberian pakan yang cukup, pengaturan dan sanitasi kandang yang baik serta mencegah kandang dari gangguan luar.
Penyiapan Makanan Kelinci : 
  • Siapkan pakan atau makanan kelinci. Jika ingin praktis cukup membeli pelet dan ditambahkan dengan sedikit hijauan makanan ternak yang cocok untuk kelinci. Adapun beberapa hijauan yang cocok untuk makanan kelinci; leguminoseae (daun kacang-kacangan), sayuran (kangkung dan wortel), rumput unggul yang masih muda, daun ubi (baik umbi jalar maupun ketela).

 

Pemberian Pakan : 
  • Jenis pakan yang diberikan meliputi hijauan meliputi rumput lapangan, rumput gajah, sayuran meliputi kol, sawi, kangkung, daun kacang, daun turi dan daun kacang panjang, biji-bijian/pakan penguat meliputi jagung, kacang hijau, padi, kacang tanah, sorghum, dedak dan bungkil-bungkilan. Untuk memenuhi pakan ini perlu pakan tambahn berupa konsentrat yang dapat dibeli di toko pakan ternak.
  • Pakan dan minum diberikan dipagi hari sekitar pukul 10.00. Kelinci diberi pakan dedak yang dicampur sedikit air. Pukul 13.00 diberi rumput sedikit/secukupnya dan pukul 18.00 rumput diberikan dalam jumlah yang lebih banyak. Pemberian air minum perlu disediakan di kandang untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya.
Reproduksi dan Perkawinan :
  • Kelinci betina segera dikawinkan ketika mencapai dewasa pada umur 5-6 bulan dan pada umur 7-8 bulan pada kelinci jantan. Bila terlalu muda kesehatan terganggu dan dan mortalitas anak tinggi. Bila pejantan pertama kali mengawini, sebaiknya kawinkan dengan betina yang sudah pernah beranak. Waktu kawin pagi / sore hari di kandang pejantan dan biarkan hingga terjadi 2 kali perkawinan, setelah itu keduanya dipisahkan lagi.

Baca juga: