Cara Download File Google Drive

Google Drive adalah layanan dari Google yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan file di server mereka, menyinkronkan file antar perangkat dan membaginya. Google Drive juga menyediakan aplikasi offline untuk PC dan smartphone untuk akses mudah atau sinkronisasi file.

Di Google Drive Anda dapat membuat file di Google Documents, Google Sheets, dan Google Slides yang dapat Anda edit di web atau aplikasi, serta kemampuan untuk mengedit dengan kolega di file yang sama.

Riwayat Google Drive

Ini disponsori oleh Google yang merupakan perusahaan teknologi besar yang bekerja di bidang terkait Internet dan produk-produk seperti komputasi awan seperti Google Drive. Google Drive pertama kali diluncurkan pada 24 April 2012. Ditulis pada Juli 2018, Google Drive memiliki lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia.

Google Drive menyediakan 15 GB penyimpanan gratis per pengguna. Selain itu, Google Drive juga menawarkan paket berlangganan 100 GB, 200 GB, 2 TB, 10 TB, 20 TB, dan 30 TB dengan harga mulai dari Rp. 269.000 hingga Rp. 3.900.000 per bulan atau Rp. 269.000 hingga Rp 1.350.000 per tahun (hanya untuk 100 GB hingga 2 paket TB).

Hingga Mei 2017, ada 3 triliun file yang disimpan di layanan Google. Layanan komputasi awan seperti Google Drive telah menjadi opsi yang memudahkan kita untuk mengakses file di mana saja, kapan saja, tanpa batasan pada perangkat. (ojogaptek.com)

Cara Mengunduh File dari Google Drive dari Komputer Desktop

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat mengakses Google Drive di PC atau ponsel cerdas Anda. Di bagian ini, Caris Signal menunjukkan kepada Anda cara mengunduh file Google Drive dari komputer.

  • Pertama buka tautan untuk file Google Drive yang ingin Anda unduh. Jika Anda ingin file menjadi folder, tautan dimulai dengan drive.google.com/drive/folders. Karena awalan untuk file yang dapat diedit di Google Drive, seperti. Jika file dalam format selain dokumen, tautan akan mulai sebagai drive.google.com/file.
    Cara Mengunduh File dari Google Drive dari Komputer Desktop
  • Jika tautan ke file Google Drive mengarahkan Anda ke folder atau jenis file yang tidak dapat diedit, maka Anda dapat mengunduh file secara langsung. Anda dapat menyorot file yang ingin Anda unduh, lalu klik ikon panah bawah untuk mengunduh file ke perangkat Anda.
    Cara Mengunduh File dari Google Drive dari Komputer Desktop
  • Atau Anda juga dapat mengklik file yang ingin Anda unduh. Pratinjau file ditampilkan dan klik panah bawah di kanan atas untuk mengunduh file yang diinginkan.
    Cara Mengunduh File dari Google Drive dari Komputer Desktop
  • Jika Anda ingin mengunduh semua file di folder, Anda dapat mengklik SEMUA GRATIS atau SEMUA jika pengaturan komputer Anda adalah bahasa Indonesia, lalu Google Drive memampatkan file .zip Anda untuk menariknya nanti. Setelah menyelesaikan proses kompresi, file secara otomatis diunduh ke perangkat Anda.
    Cara Mengunduh File dari Google Drive dari Komputer Desktop
  • Jika file Google Drive dalam bentuk unit file yang dapat diedit, Google Drive segera menampilkan pratinjau file, sama seperti pratinjau file yang dipilih dalam folder pada contoh sebelumnya. Untuk mengunduh, yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol panah ke bawah dan file akan segera diunduh.
    Cara Mengunduh File dari Google Drive dari Komputer Desktop
  • Jika file Google Drive Anda dalam bentuk dokumen yang dapat diedit, Anda dapat mengklik menu File. Kemudian centang unduhan. Kemudian klik pada format file yang ingin Anda unduh. Meskipun contoh di bawah ini menunjukkan Google Sheets yang dapat diunduh dalam format .xlsx, metode ini dapat diterapkan untuk Google Docs dan Google Slides.

Baca juga: