Strategic Brand Management Process

Strategic Brand Management Process

Strategic Brand Management Process

Strategic Brand Management Process

Secara mendasar, konsep brand equity menekankan pada pentingnya peranan dari merek pada strategi pemasaran. Strategic brand management process melibatkan perancangan dan pelaksanaan dari program-program dan aktivitas-aktivitas pemasaran untuk membangun, mengukur, dan mengatur brand equity. Langkah- langkah dari strategic brand management adalah:
1. mengidentifikasi dan menetapkan positioning dari merek dan nilai-nilai
2. merencanakan dan melaksanakan program pemasaran merek
3. mengukur dan menerjemahkan kinerja dari merek
4. menumbuhkan dan mempertahankan brand equity

Bauran Pemasaran (M arketing M i x) 

Bauran pemasaran atau marketing mix adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya dalam pasar sasaran yang sudah dibidik. Alat-alat pemasaran itu terdiri dari empat variabel yang kemudian disebut dengan 4P dari marketing, yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place) Marketing mix adalah salah satu konsep utama dalam pemasaran modern saat ini. Marketing mix merupakan satu set marketing tools yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan oleh target pasar.
1. Produk (product) 
Sesuatu yang ditawarkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan memuaskan keinginan konsumen. Produk yang ditawarkan dapat berupa barang jadi, jasa pelayanan, properti dan informasi. Produk yang ditawarkan harus memperhatikan segi kualitas, manfaat, disain, jaminan, dan pengembangan produk baru.
2. Harga (price) 
Harga adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen untuk memperoleh suatu produk.
3. Promosi (promotion) 
Promosi berarti aktivitas-aktivitas yang mengkomunikasikan kelebihan- kelebihan dari produk dan mempengaruhi target konsumen untuk membelinya.
4. Tempat (place) 

Penempatan sebuah produk melibatkan logistik perusahaan dan kegiatan- kegiatan pemasaran dikonsentrasikan dengan membuat dan mendistribusikan barang jadi tersebut kepada konsumen.


Sumber: https://civitas.uns.ac.id/kasiono/seva-mobil-bekas/