Microsoft mengumumkan Project Reunion untuk membuat pengembangan aplikasi Windows lebih mudah lagi

Microsoft mengumumkan Project Reunion untuk membuat pengembangan aplikasi Windows lebih mudah lagi

Microsoft mengumumkan Project Reunion untuk membuat pengembangan aplikasi Windows lebih mudah lagi

 

Microsoft mengumumkan Project Reunion untuk membuat pengembangan aplikasi Windows lebih mudah lagi

Microsoft mengumumkan Project Reunion untuk membuat pengembangan aplikasi Windows lebih mudah lagi

Microsoft hari ini mengumumkan inisiatif baru besar yang pada akhirnya akan mengurangi beberapa kebingungan yang terus-menerus tentang pengembangan aplikasi Windows. Project Reunion, demikian sebutannya, dimaksudkan untuk menyatukan platform pengembang Windows, yang saat ini terpecah antara Win32, yang telah lama menjadi cara standar untuk membangun aplikasi Windows, dan Universal Windows Platform (UWP), yang mulai dipertaruhkan oleh Microsoft. selama era Windows 8 yang bernasib buruk (Anda mungkin ingat UWP di bawah monicker ” Metro-style apps “).

Ini adalah langkah yang diisyaratkan perusahaan pada konferensi pengembang 2019 ketika ketua platform Microsoft Kevin Gallo berbicara tentang bagaimana pengembang mengatakan kepada Microsoft bahwa mereka ingin “memisahkan banyak bagian dari Platform Windows Universal sehingga Anda dapat mengadopsinya secara bertahap.” Dan itulah yang sedang dilakukan perusahaan dengan Project Reunion.

Idenya di sini adalah untuk menyatukan akses ke Win32 dan UWP API yang ada dan memisahkan mereka dari

sistem operasi, menggunakan alat-alat seperti .NET package manager NuGet.

“Ini akan menyediakan platform bersama untuk aplikasi baru,” tulis Gallo dalam pengumuman hari ini untuk Project Reunion. “Plus, itu akan membantu Anda memperbarui dan memodernisasi aplikasi Anda yang ada dengan fungsi terbaru, apakah itu C ++, .NET (termasuk WPF, Windows Forms dan UWP) atau React Native.”

Untuk saat ini, Project Reunion terdiri dari dua komponen yang akan segera bisa Anda dapatkan. Yang pertama adalah WinUI 3 Pratinjau 1, versi pratinjau terbaru kerangka kerja antarmuka pengguna Microsoft untuk Windows. “Aplikasi WinUI dapat memiliki UI modern yang beradaptasi dan menskala di seluruh perangkat, terlepas dari apakah membangun proyek baru atau memodernisasi aplikasi yang ada (termasuk C ++, WPF, dan Windows Forms) secara bertahap,” jelas Gallo.

Yang kedua adalah pratinjau baru dari WebView2, yang sekarang membuatnya mudah untuk menanamkan WebView berbasis Chromium ke dalam aplikasi Windows Forms, WPF dan UWP / WinUI 3. WebView 2 dipisahkan dari sistem operasi dan “akan membawa kekuatan Web ke spektrum penuh aplikasi Windows.”

Sepertinya Microsoft akan melakukan sebagian besar proyek Reunion di tempat terbuka dengan menggunakan GitHub repo untuk berbagi lebih banyak tentang proyek dan untuk terlibat dengan komunitas pengembang.

Strategi Microsoft seputar pengembangan aplikasi Windows tetap sedikit kacau selama beberapa tahun terakhir.

Dengan UWP, Microsoft juga berharap untuk meniru model app store yang telah bekerja sangat baik pada platform seluler. Pada awal Toko, aplikasi harus ditulis dengan UWP, tetapi jika Anda seperti saya, Anda tidak pernah repot dengan Microsoft Store karena kecuali untuk beberapa aplikasi tenda dan mungkin beberapa permainan, sebenarnya tidak ada alasan untuk menggunakannya (dan banyak aplikasi di dalamnya memiliki kualitas yang dipertanyakan), jadi tahun lalu, Microsoft sudah melonggarkan persyaratan dan mengizinkan aplikasi Win32. Jika ada, pengumuman hari ini adalah cara Microsoft menyelamatkan sebagian pekerjaan di UWP dan membawa beberapa ide dari kerangka kerja itu ke platform pengembang Windows yang lebih luas.

Sebagai bagian dari pengumuman hari ini tentang Windows, Gallo juga mencatat bahwa Windows Terminal 1.0 , yang memungkinkan pengembang untuk menjalankan executable dengan cepat – tidak peduli apakah itu dari distro Windows Subsystem untuk Linux (WSL) atau Azure Cloud Shell – sekarang tersedia untuk perusahaan menggunakan.

Berbicara tentang Subsistem Windows untuk Linux, Microsoft hari ini juga mengumumkan dukungan untuk alur

kerja komputasi GPU untuk alat-alat Linux dan dukungan untuk aplikasi antarmuka pengguna grafis Linux, sehingga Anda dapat menjalankan aplikasi Linux GUI langsung di Mesin Windows Anda tanpa perlu pihak ketiga Server X, yang merupakan kasus sampai sekarang. Segera, WSL juga akan menampilkan pengalaman pemasangan yang disederhanakan yang memungkinkan Anda menggunakan perintah “wsl.exe – install” untuk menginstal aplikasi Linux pada Windows.

Baca Juga: