CBBE (Customer Based Brand Equity)

CBBE (Customer Based Brand Equity)

CBBE (Customer Based Brand Equity)

CBBE (Customer Based Brand Equity)

Menurut Keller, K. L.,

model CBBE dibentuk untuk menjadi komprehensif, kohesif (terpadu), sistematis, up to date dan berorientasi aksi. Landasan dasar dari model ini ialah bahwa kekuatan dari suatu brandterletak pada apa yang telah dipelajari oleh konsumen, rasakan, lihat dan dengar mengenai brandtersebut selama ini.  Kekuatan  dari  suatu  brand  ialah  apa  yang    tersirat/tertinggal  pada  pikiran konsumen. Metode CBBE merupakan penyempurnaan dari model sebelumnya yaitu model AAKER.

Dalam membangun brand yang kuat, menurut model CBBE, dapat digambarkan sebagai rangkaian dari beberapa langkah. Langkah pertama ialah untuk memastikan identifikasi dari sebuah brand oleh konsumen dan asosiasi terhadap sebuah  brand  dimata  konsumen  terhadap  suatu  produk  brand atau  terhadap kebutuhan konsumen. 

Langkah kedua ialah dengan konsisten membuat konsumen sadar(share of mind) akan arti brandtersebut. Langkah ketiga ialah untuk mendapatkan atau menciptakan respon dari konsumen terhadapbrand identity dan brand meaning. Langkah terakhir ialah untuk mengubah respon terhadap brand untukmenciptakan intensitas, loyalitas hubungan antara konsumen dan brand.


Baca Juga :