Paragraf [Alinea]

Paragraf [Alinea]

Table of Contents

Paragraf [Alinea]

 Paragraf [Alinea]

Paragraf [Alinea]

Paragraf adalah suatu bagian dari sebuah karangan atau karya ilmiah yang  cara penulisannya harus dimulai dengan baris baru. Paragraf dikenal juga dengan nama lain alinea. Paragraf dibuat dengan membuat kata pertama pada baris pertama masuk ke dalam (geser ke sebelah kanan) beberapa spasi. Demikian pula dengan paragraf berikutnya mengikuti paragraf pertama.

Dalam sebuah paragraf terkandung satu unit buah pikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraf tersebut, mulai dari kalimat pengenal, kalimat topik, kalimat-kalimat penjelas, sampai pada kalimat penutup. Himpunan kalimat ini saling bertalian dalam satu rangkaian untuk membentuk sebuah gagasan. Paragraf dapat juga dikatakan sebagai sebuah karangan yang paling pendek (singkat). Dengan adanya paragraf, kita dapat membedakan di mana suatu gagasan mulai dan berakhir. Kita akan kepayahan membaca tulisan atau buku kalau tidak ada paragraf. Kitapun susah memusatkan pikiran pada satu gagasan ke gagasan lain. Dengan adanya paragraf kita dapat berhenti sebentar sehingga kita dapat memusatkan pikiran tentang gagasan yang terkandung dalam paragraf itu.

 

  • Syarat sebuah paragraf

Di setiap paragraf harus memuat dua bagian penting :

1. Kalimat Pokok
Biasanya diletakkan pada awal paragraf, tetapi bisa juga diletakkan pada bagian tengah maupun akhir paragraf. Kalimat pokok adalah kalimat yang inti dari ide atau gagasan dari sebuah paragraf. Biasanya berisi suatu pernyataan yang nantinya akan dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat lainnya dalam bentuk kalimat penjelas.
2. Kalimat Penjelas
Kalimat penjelas adalah kalimat yang memberikan penjelasan tambahan atau detail rincian dari kalimat pokok suatu paragraf.

  • Bagian-Bagian Suatu Paragraf yang Baik

a. Terdapat ide atau gagasan yang menarik dan diperlukan untuk merangkai keseluruhan tulisan.
b. Kalimat yang satu dengan yang lain saling berkaitan dan berhubungan dengan wajar.

  • Kerangka Paragraf
  1. Dimulai dengan kalimat topik yang menyatakan gagasan utama paragraf.
  2. Memberikan detil pendukung untuk mendukung gagasan utama.
  3. Diakhiri kalimat penutup yang menyatakan kembali gagasan utama.

Baca Juga :