Prioritas adalah

Prioritas adalah

Table of Contents

Prioritas adalah

Prioritas adalah

Prioritas adalah

Prioritas
Menentukan prioritas adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh para pemimpin, baik memimpin kelompok kecil, menjalankan sebuah organsisasi atau menjalankan sebuah usaha kecil. Untuk menentukan prioritas, Maxwell mengajarkan prinsip Pareto yang mengatakan jika seorang pemimpin memfokuskan perhatian pada kegiatan-kegiatan yang masuk kategori 20% paling penting, pemimpin tersebut akan mendapatkan hasil sebesar 80% dari upaya tersebut. Misalnya jika seorang pemimpin mempunyai 10 karyawan, seharusnya pemimpin tersebut memberikan 80% waktu serta perhatiannya kepada 2 karyawan terbaik dalam usahanya (Maxwell.2001:304) Jadi jika seorang pemimpin ingin menjadi efektif, maka perlu bekerja menurut hukum prioritas karena memungkinkan untuk meningkatkan fokus pemimpin untuk mencapai tujuan sambil mengurangi jumlah kegiatan yang bisa didelegasikan kepada bawahannya.

Semangat Yang Tinggi
Perlu bagi pemimpin untuk memiliki semangat karena banyak orang yang tampaknya biasa-biasa saja tetapi dapat mencapai hal yang besar, dan hal ini dikarenakan adanya semangat yang tinggi untuk mencapai tujuan. Berikut ini beberapa manfaat semangat bagi seorang pemimpin:
a) Semangat merupakan langkah pertama menuju prestasi.
Hasrat yang lemah akan mendatangkan hasil yang lemah. Semakin besar semangat, maka hasrat pun semakin besar sehingga potensi seorang pemimpin semakin besar (Maxwell.2001:121)
b) Semangat meningkatkan kehendak
Semangat adalah bahan bakar pendorong kemauan. Jika seseorang menginginkan sesuatu, tentunya memiliki kemauan untuk mencapainya. Satu-satunya cara untuk memiliki hasrat seperti itu adalah dengan mengembangkan semangat. (Maxwell.2001:122)
c) Semangat mengubah seseorang
Semangat dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk memberi dampak kepada orang lain, dan akhirnya semangat yang akan lebih mempengaruhi daripada kepribadian. (Maxwell.2001:122)
d) Semangat menjadikan sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin
Seorang pemimpin yang memiliki semangat besar dan sedikit ketrampilan selalu lebih unggul daripada pemimpin yang memiliki ketrampilan besar namun tidak bersemangat. Itulah sebabnya mengapa para pemimpin yang bersemangat terlihat begitu efektif. (Maxwell.2001:122)
Jika seseorang tidak penuh dengan semangat, ia akan mengalami masalah sebagai pemimpin, karena seseorang tidak akan pernah dapat memimpin sesuatu yang tidak dipedulikan dengan penuh semangat. Seseorang tidak mungkin memberikan semangat dalam organisasi kecuali kalau orang tersebut memiliki semangat dalam dirinya.

Sumber :https://obatwasirambeien.id/