Agama yang ada di negara indonesia

Agama yang ada di negara indonesia

Agama yang ada di negara indonesia

Agama yang ada di negara indonesia

Agama yang ada di negara indonesia

Agama yang kita ketahui adalah kepercayaan dan keyakinan dan agama merupakan pondasi keimanan manusia yang hidup di dunia. Agama juga yang bisa membuat seseorang ingat kepada tuhan nya . di dalam masyarakat yang madani sudah sepatutnya bahwa agama menjadikan kewajiban bagi seseorang untuk bertakwa kepada tuhan nya . Agama di Indonesia, mengambil peranan penting dalam membentuk masyarakat sipil, khususnya sebagai masyarakat politik. Perkembangan masyarakat sipil ini ternyata lebih cepat dari pada perkembangan masyarakat ekonomi. Sebagai dampaknya, peranan negara lebih menonjol dan justru mengambil peran sebagai agen perubahan sosial yang berdampak terbentuknya masyarakat sipil, dari arti mencakup masyarakat politik maupun ekonomi.

Ada tiga aspek penting yang selalu dipelajari dalam mendiskusikan fungsi agama dalam masyarakat, yaitu kebudayaan, sistem sosial, dan kepribadian. Ketiga aspek itu merupakan kompleks fenomena sosial terpadu yang pengaruhnya dapat diamati dalam perilaku manusia, sehingga timbul pertanyaan sejauh mana fungsi lembaga agama memelihara sistem, apakah lembaga agama terhadap kebudayaan adalah suatu sistem, atau sejauh mana agama dapat mempertahankan keseimbangan pribadi melakukan fungsinya. Pertanyaan tersebut timbul karena sejak dulu hingga sekarang, agama masih ada dan mempunyai fungsi, bahkan memerankan sejumlah fungsi.

Fungsi agama terhadap pemeliharaan masyarakat ialah memenuhi sebagian kebutuhan masyarakat. Contohnya adalaha sistem kredit dalam masalah ekonomi, di mana sirkulasi sumber kebudayaan suatu sistem ekonomi bergantung pada kepercayaan yang terjalin antar manusia, bahwa mereka akan memenuhi kewajiban bersama dengan jenji sosial mereka untuk membayar. Dalam hal ini, agama membantu mendorong terciptanya persetujuan dan kewajiban sosial dan memberikan kekuatan memaksa, memperkuat, atau mempengaruhi adat-istiadat.

Agama di dalam keluarga juga wajib karena menjadikan keluarga itu memiliki rasa bersyukur kepada tuhan nya dan dapat mendidik anak anak mereka untuk selalu patuh terhadap tuhan nya di jaman sepert sekarang ini banyak orang yang lalai untuk memerintahkan kewajiban tuhan nya misalnya tidak sholat,puasa atau kegiatan agama lainnya padahal cara itu adalah cara bagaimana sorang manusia bersyukur kepada tuhannya.

Fungsi agama sebagai sosialisasi individu adalah, saat individu tumbuh dewasa, maka dia akan membutuhkan suatu sistem nilai sebagai tuntunan umum untuk mengarahkan aktifitasnya dalam masyarakat. Agama juga berfungsi sebagai tujuan akhir pengembangan kepribadiannya. Orang tua tidak akan mengabaikan upaya “moralisasi” anak-anaknya,seperti pendidikan agama mengajarkan bahwa hidup adalah untuk memperoleh keselamatan.

Dalam upaya memahami realitas perbedaan dalam beragama, lembaga-lembaga pendidikan Islam bisa juga menanamkan kepedulian komunitas agama lain dengan saling bekerjasama membersihkan tempat keagamaan, wihara ataupun tempat suci lainnya.

Kesadaran multikulturalisme bukan sekadar memahami keberbedaan, namun juga harus ditunjukkan dengan sikap konkrit bahwa sekalipun berbeda keyakinan, namun sama-sama sebagai manusia yang mesti diperlakukan secara manusiawi. Hal ini seperti melatih peserta didik untuk bisa berbagi dengan orang terdekatnya.

Kesimpulan agama menjadikan manusia untuk lebih bertakwa kepada tuhan nya. Sudah sewajarnya kalau agama harus ada dalam diri masing masing individu .agar senantiasa bersyukur kepada tuhannya .agama bisa menjadikan kerukunan antar masyarakat .agama menbawa efek yang sangat positif bagi suatu individu dan lingkungannya.

Sumber : http://cialisppa.com/trimming-aquatic-plants/