Punya Asam Urat? Jangan Makan Durian!

Punya Asam Urat Jangan Makan Durian!

Punya Asam Urat? Jangan Makan Durian!

Punya Asam Urat Jangan Makan Durian!

Punya Asam Urat Jangan Makan Durian!

Bagi penggemar durian, Desember dan awal tahun seperti saat ini adalah saat paling

menyenangkan karena musim buah tersebut dan harganya relatif murah. Namun, ada beberapa orang yang tidak disarankan bahkan dilarang makan si raja buah satu ini.

Menurut ahli gizi Rita Ramayulis, ada beberapa kandungan dalam durian yang membuat beberapa orang dengan masalah kesehatan tertentu tak disarankan mengonsumsinya.

”Jadi, yang tidak boleh (makan durian) adalah orang dengan diabetes, orang hipertrigliserida dan asam urat,” kata Rita. Orang dengan diabetes dilarang makan durian karena kandungan gula di buah ini begitu tinggi. Seperti diketahui, diabetesi harus membatasi asupan gula ke tubuh. ”Orang dengan diabetesi tidak boleh mengonsumsi buah musiman karena tinggi gula. Ya seperti rambutan, duku, kelengkeng dan durian ini,” tambah Rita.

Kalau orang dengan diabetes makan durian, meski hanya satu biji, gula darahnya

akan langsung melonjak tak terkendali. Orang dengan kadar trigleserida tinggi juga tidak boleh makan durian.

Apa itu trigliserida? Dalam suatu bentuk total kolesterol, selain LDL dan HDL, terdapat kadar yang dinamakan trigliserida. Trigliserida intinya adalah bentuk utama dari lemak. ”Karena durian ini gulanya tinggi, maka nanti bakal ’lari’ ke trigliserida,” kata Rita.

Sementara larangan makan durian pada orang dengan asam urat tinggi

karena adanya kandungan alkohol dalam buah itu. ”Alkohol itu sendiri akan membuat terjadinya penumpukan purin dalam tubuh,” kata Rita.

Padahal, makanan yang tinggi purin dan protein memperberat kondisi orang dengan asam urat. Dalam jangka panjang, ini akan menimbulkan peradangan pada persendian dan

menurunkan fungsi ginjal atau membentuk batu ginjal

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/BYJB6KN