Alasan Penyebab Anak Pendiam

Alasan Penyebab Anak Pendiam

Ternyata ada tidak sedikit faktor yang mengakibatkan anak tumbuh menjadi seorang yang pendiam. Di samping dikarenakan hal dari si anak tersebut sendiri, ternyata orang tua pun punya peran menyusun tingkah lakunya. Simak sejumlah penjelasan di bawah ini.

Jarang Diajak Berbicara

Salah satu urusan yang menjadi penyebab anak pendiam ialah karena dia memang tidak terbiasa menerbitkan kata-kata. Sejak kecil jarang diajak berkata oleh orang tua sampai-sampai dia pun menerbitkan pendapat seperlunya saja. Bisa saja anak jadi tidak cukup mempunyai keterampilan berkata atau menerbitkan gagasan. Anak juga tumbuh menjadi individu yang pemalu dan lebih introvert, meskipun tidak selalu.

Mungkin sebab kedua orang tua sama-sama pendiam, sampai-sampai tak mengherankan jika anak pun menjadi seorang yang pendiam. Anak-anak tidak jarang kali menjadikan orang tua sebagai teladan dan menirunya.

Terlambat Berbicara

Setiap anak mempunyai masa yang bertolak belakang dalam pertumbuhannya, tergolong dalam urusan berbicara. Hal beda yang menjadi penyebab anak pendiam ialah karena terdapat keterlambatan dalam perkembangannya. Anak mempunyai keterbatasan dalam keterampilan bicara bila dikomparasikan dengan anak-anak seusianya.

Jika ini yang terjadi, kita sebagai orang tua tidak butuh panik. Anak sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang Anda supaya kondisi mentalnya tetap baik. Ajak dan latih dia untuk berkata dan ciptakan suasana lokasi tinggal yang menyenangkan. Memasukkan anak ke playgroup pun menjadi salah satu teknik untuk memancing keterampilan bicaranya karena tidak sedikit teman sebaya.

Sering Dimarahi dan Diremehkan

Lain lagi guna yang satu ini. Penyebab anak pendiam ialah karena dia tidak jarang dimarahi dan diremehkan. Hal ini sehubungan dengan bagaimana komunikasi yang terjalin antara anak dan orang tua. Anak merasa bahwa dia tidak memiliki peluang untuk mengucapkan pendapat dan keinginan. Setiap mengharapkan sesuatu tidak jarang kali dimarahi. Jika bertanya, tidak pernah ditanggapi dengan serius sebab orang tua sibuk sendiri. Hal ini mengakibatkan anak merasa bahwa bicara ialah hal yang sia-sia dan lebih baik diam.

Sakit

Penyebab anak pendiam yang lain ialah dikarenakan oleh hal fisik. Mungkin bahwasannya si anak bukan tergolong seorang yang pendiam. Namun, sebab ada unsur tubuh yang terasa sakit, terlebih bila dipakai untuk bicara, maka dia menjadi tidak sedikit diam. Kondisi tubuh yang lemah pun menjadikan anak tidak bersemangat, lemas, dan lebih pendiam. Jika urusan ini terjadi, usahakan orang tua segera mengusahakan kesembuhan anak sampai-sampai mereka dapat lebih energik dalam beraktivitas.

Trauma dan Korban Kekerasan

Hal yang butuh diwaspadai oleh masing-masing orang tua ialah jika anak menjadi korban kekerasan atau tindak tak terpuji, yang mengakibatkan trauma pada anak dan pendiam. Sangat umum terjadi andai anak yang sebelumnya paling ceria, tiba-tiba menjadi murung sesudah menjadi korban. Orang tua mesti peka akan evolusi tingkah laku anak dan segera mengerjakan tindakan yang diperlukan. Orang tua mesti tetap merangkul anak, bukan justeru menjauhinya.

Memang Tipe Pendiam

Namun, butuh Anda ketahui pun bahwa anak yang memang tercetus dengan kecenderungan pendiam. Meskipun orang tua telah mengusahakan pola asuh yang sedemikian rupa, jasmani dan psikis anak pun dalam suasana baik, anak tetap bakal pendiam bila tersebut memang telah kepribadiannya. Tidak terdapat yang salah dengan urusan ini sebab tipe pendiam juga memiliki kelebihannya sendiri dikomparasikan dengan anak yang aktif seusianya. Sebagai orang tua, kita tidak butuh membeda-bedakan mana anak yang aktif dan pendiam. Selama kasih sayang dan komunikasi bisa terjalin dengan baik. Anak bakal bahagia. Itu ialah tujuan yang utama.

Sumber : http://www.forestryforum.com/board/index.php?PHPSESSID=4db861b1cb6e82ea8ce8284d16465bfa&thememode=mobile;redirect=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id