Thai Chi Dapat Membantu Meningkatkan Fungsi Pernapasan Bagi Pasien Paru, Benarkah?

Thai Chi Dapat Membantu Meningkatkan Fungsi Pernapasan Bagi Pasien Paru, Benarkah?

Tai Chi yang menjadi seni bela diri China kuno diandalkan dapat meningkatkan faedah pernapasan pada penderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Hal tersebut menurut riset yang dilaksanakan tim di Universitas Kedokteran Guangzhou, China.

Dilansir Zeenews, format seni bela diri China ini melibatkan pengerahan jasmani dengan peregangan, pernapasan, dan gerakan terkoordinasi tanpa membutuhkan peralatan khusus. Peneliti mengejar bahwa format latihan yang lambat dan metodis ini setara dengan rehabilitasi paru guna meningkatkan faedah pernapasan pasien PPOK.

COPD merupakan kumpulan kronis penyakit paru-paru peradangan yang merintangi aliran udara dan membuatnya susah untuk bernafas.

“Mengetahui guna potensial dari Tai Chi, kami berhipotesis bahwa, pada pasien yang diobati dengan obat guna mengelola fenomena COPD mereka, tersebut dapat menolong meningkatkan kualitas hidup bila dikomparasikan ke arah rehabilitasi paru-paru gaya barat klasik,” ungkap Nan-Shan Zhong, Profesor di Universitas Kedokteran Guangzhou di China.

Penelitian ini melibatkan 120 pasien dengan COPD di pedesaan di China yang belum pernah memakai bronkodilator. Bagi tidak sedikit pasien, mengurangi fenomena COPD bisa sangat menambah kualitas hidup mereka.

Sementara, obat terus memainkan peran urgen dalam mengobati COPD, ongkos obat-obatan itu dapat menjadi penghalang untuk beberapa pasien, khususnya untuk mengobati penyakit kronis laksana COPD.

Michael I Polkey dari Imperial College London menuliskan temuan tersebut menunjukkan bahwa intervensi pelajaran berbiaya rendah setara dengan rehabilitasi paru formal dan ini memungkinkan lebih tidak sedikit pasien dirawat. Penelitian ini juga dipublikasikan di jurnal CHEST.

“Penelitian kami mengindikasikan bahwa Tai Chi ialah alternatif yang layak saat tidak terdapat layanan rehabilitasi paru lokal. Kami mendorong penyedia rehabilitasi paru guna mempertimbangkan tai chi sebagai terapi pilihan pasien di rumah,” kata Polkey.

Baca Juga :