Targetkan Sekolah Ikut Adiwiyata

Targetkan Sekolah Ikut Adiwiyata

Targetkan Sekolah Ikut Adiwiyata

Targetkan Sekolah Ikut Adiwiyata

Targetkan Sekolah Ikut Adiwiyata

Setelah mendapatkan kesepakatan dan koordinasi antara Dinas Pendidikan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu memutuskan, 39 dari 44 sekolah SD, SMP dan SMA/SMK siap mengikuti lomba adiwiyata 2019 mendatang.

Hal itu dikatakan Asep Kusumah Kepala DLH kabupaten Bandung menurutnya,

setelah melakukan rapat koordinasi bersama puluhan kepala sekolah yang dilaksanakan di ruang rapat DLH. 39 dari 44 sekolah dari semua tingkatan yang ada dikabupaten bandung sudah menyatakan siap untuk mengikuti Lomba Adiwiyata tahun 2019.

“Setalah mendapatkan kesepakatan dari hasil kootdinasi DLH, Disdik dengan puluhan kepala sekolah. Kami langsung melakukan pembinaan agar semua sekolah siap mengikuti lomba,” kata Asep kepada wartawan di Soreang

Menurutnya, semua sekolah yang siap mengikuti lomba adiwiyata diarahkan untuk melakukan pengisian intrument secara onlane. Hal itu sebagai langkah pertama, pembinaan yang dilakukan DLH.

” DLH akan terus melakukan pembinaan dan pendampingan kepada sekolah sekolah

yang siap mengikuti Lomba Sekolah Adiwiyata mulai tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional dan Lomba Adiwiyata Mandiri,” kata dia.

Hal yang sama dikatakan H.Juhana Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Menurutnya kesiapan sekolah untuk adiwiyata merupakan Mayoritas siap. Karena sudah merupakan program Dinas pendidikan Kabupaten Bandung, semua sekolah harus adiwiyata. Mungkin, karena untuk dilombakan karena beberapa paktor sekolah mengatakan tidak siap.

“Semua sekolah harus mengikuti adiwiyata. Mungkin karena dilombakan, mereka belum siap

karena beberapa faktor belum oprimal,” kata Juhana

Menurutnya lomba bukan tujuan akhir, melainkan bagaimana semua sekolah hatus membudayakan sekolah berbasis adiwiyata, sekolah Hijau, bersih, aman, Nyaman. Hal tersebut, akan terus diserukan kepada semua sekolah dan juga mendapatkan pembinaan dari Dinas Lingkungan Hidup.

“Sekolah berbasis adiwiyata sudah sangat bagus, saya targetkan semua sekolah di kabupaten bandung harus seluruhnya Adiwiyata. tahun 2018 ada 24 sekolah mendapatkan penghargaan Adiwiyata,” ujar dia.

Dirinya sangat mengafresiasi sekolah yang sudah menyatakan kesiapan mengikuti lomba adiwiyata, hal tersebut dapat menandakan bahwa mereka ada kesungguhan, untuk menerapkan sekolah yang berbasis adiwiyata/ lingkungan yang aman dan nyaman.

 

Sumber :

https://egriechen.info/