Keserhanaan: Kunci Keberhasilan

Kesederhanaan

Keserhanaan: Kunci Keberhasilan

Kesederhanaan

Kesederhanaan

Kesederhanaan merupakan kunci keberhasilan sebuah kerja panjang. Dengan berpikir serta bekerja secara sederhana, manusia akan mampu menyelesaikan sebuah program hidup jangka panjang yang melelahkan. Hal ini tidak lain karena kesederhanaan akan melahirkan konsistensi dan keistiqomahan dalam beramal.

Kesederhanaan dalam hidup semua berawal dari pikiran. Hidup sederhana sama artinya dengan terus belajar menjernihkan pikiran, kesederhanaan membuat kita menemukan ketenangan pikiran. Sebenarnya untuk merasa bahagia dibutuhkan kemauan saja. “Most people are about as happy as they make up their minds to be – Orang-orang merasa bahagia ketika mereka memutuskan untuk berpikir bahwa mereka bahagia”, kata Abraham Lincoln.

Kreativitas merupakan kemampuan menyederhanakan sesuatu, bukan merumitkan sesuatu. Hidup itu sederhana sampai kita menyadari bahwa menyederhanakan sesuatu itu lebih rumit daripada membiarkannya tetap rumit.

Kemauan untuk selalu hidup sesederhana mungkin bahkan dapat menumbuhkan kreativitas. Cobalah bertanya kepada diri sendiri tentang apa yang dapat dilakukan dengan apa yang kita miliki? Pertanyaan tersebut akan mendorong kita untuk memutar otak, guna memecahkan suatu masalah dengan memanfaatkan apa yang sudah kita miliki, daripada mencoba untuk membeli solusi, yang berarti pengeluaran uang lagi dan tenaga lagi.

Sederhanakan hidup dengan melupakan kesempurnaan. Yakinlah bahwa kita adalah pasangan yang baik, orang tua yang baik, dan orang yang baik. Lebih percaya diri dan lakukan apa yang datang secara alami. Menyederhanakan hidup itu tidak perlu susah. Belajar menciptakan ruang yang lebih tenang dan seimbang dalam hidup kita dapat sangat membantu. Dan mengambil langkah-langkah kecil adalah cara terbaik untuk menjadikannya kenyataan. Menyingkirkan kepenuhan, menjadi lebih teratur, menyederhanakan hubungan, belajar untuk menikmati waktu dan mengapresiasi hal-hal kecil dapat membantu kita tetap sehat. Kita bisa mulai sekarang.

Baca Juga :