IPB Terima 1.698 Mahasiswa Baru S1 Reguler dari Jalur SNMPTN

IPB Terima 1.698 Mahasiswa Baru S1 Reguler dari Jalur SNMPTN

IPB Terima 1.698 Mahasiswa Baru S1 Reguler dari Jalur SNMPTN

IPB Terima 1.698 Mahasiswa Baru S1 Reguler dari Jalur SNMPTN

IPB Terima 1.698 Mahasiswa Baru S1 Reguler dari Jalur SNMPTN

Institut Pertanian Bogor (IPB) menerima 1.698 mahasiswa baru S1 Reguler dari jalur SNMPTN 2019

sebanyak 17.464 pendaftar. Hasil SNMPTN 2019 diumumkan, akhir pekan lalu.

Humas IPB, Yatri Indah Kusumastuti mengatakan, tahun ini IPB menerima mahasiswa baru melalui beberapa jalur penerimaan. Di antaranya, SNMPTN, SBMPTN, Ujian Talenta Masuk IPB, Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), Jalur Ketua OSIS, Jalur Beasiswa Utusan Daerah dan Jalur Program Internasional.

“Bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan diterima di IPB melalui SNMPTN 2019,

dapat menyiapkan dokumen registrasi yang sudah ditentukan serta mengunggah pada laman yang ada di web IPB,” jelasnya.

Berbeda dengan registrasi camaba tahun sebelumnya, tahap awal registrasi calon mahasiswa baru IPB Tahun Akademik 2019/2020 dilakukan online dengan mengakses laman registrasi di website IPB pada periode 8 hingga 22 April. “Sedangkan periode verifikasi berkas dilaksanakan 30-31 Juli 2019,” ujar Indah.

Registrasi calon mahasiswa baru IPB yang diterima melalui jalur SNMPTN,

terdiri dari beberapa tahapan. Seperti registrasi online, di mana peserta mengisi formulir biodata pada periode 8-22 April, dengan melengkapi beberapa dokumen yang harus diunggah.

Di antaranya, kartu peserta SNMPTN 2019, rapor asli (halaman data diri siswa dan halaman rapor, yang terdapat nilai matematika, fisika, biologi dan kimia semester 1-5), SKHUN dan IJAZAH (bila sudah ada), akta lahir, KK orangtua atau wali, bukti daya listrik dan pembayaran listrik tiga bulan terakhir di rumah orangtua atau wali.

Ditambah dokumen penghasilan kotor (termasuk semua jenis tunjangan/ sertifikasi) ayah dan ibu atau Wali yang berprofesi sebagai PNS/TNI/Polri dari instansi pemerintahan, pegawai swasta atau BUMN dari perusahaan serta pekerjaan lain, yang disahkan kepala sekolah dan kepala desa atau lurah.

“Baru mengunduh, menandatangani dan mengunggah formulir mengikuti program pendidikan kompetensi umum (FORM PMB-192). Selain itu, mengunduh tagihan biaya pendidikan di IPB (FORM PMB-BK19) mulai Senin, 29 April,” terangnya.

IPB akan memverifikasi berkas calon mahasiswa baru jalur SNMPTN dilaksanakan pada 30-31 Juli mendatang.

“Hak menjadi mahasiswa baru IPB dinyatakan batal kalau tidak melakukan registrasi online dan tidak hadir pada verifikasi berkas, serta memberikan keterangan dan data yang tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Tiap mahasiswa baru wajib tinggal di asrama pada tahun pertama. Kegiatan mahasiswa baru di kampus IPB Dramaga, Bogor, dimulai awal Agustus 2019,” pungkasnya. (mer/c)

 

Baca Juga :