Cara Memilih Mainan Aman Untuk Anak-Anak

Cara Memilih Mainan Aman guna Anak-Anak

Membiarkan anak bermain memang urgen untuk perkembangannya kognitifnya. Namun anda wajib memantau mereka ketika bermain. Salah satu yang butuh diperhatikan ialah mainan yang mereka pakai saat bermain. Kita mesti memperhatikan ketenteraman mainan yang mereka mainkan. Jadi laksana apa mainan yang aman guna dimainkan oleh anak-anak?

simak artikelnya di bawah ini.

Pilihlah mainan yang memicu perkembangan anak

Salah satu yang terpenting ketika kita menyerahkan mainan guna anak kita ialah mainan itu dapat memicu perkembangan anak. Saat ini tidak sedikit mainan yang memang khusus dipakai untuk memicu perkembangan sensorik maupun motorik anak. Mainan itu dapat berupa mainan balok susun, puzzle angka, dan lego. Mainan-maina itu dapat menolong perkembangan benak anak, serta menolong meningkatkan keterampilan anak dalam memecahkan masalah.

Pilih mainan dengan ukuran yang cocok dengan anak

Saat memilihkan mainan guna anak pastikan mainan itu tidak berukuran kecil. Mainan yang berukuran kecil paling rawan tertelan atau masuk kedalam tubuh anak. Hal itu dapat sangat berbahaya untuk anak, hingga dapat menyebabkan kematian andai sampai terlambat ditangani. Maka pilihkan mainan dengan ukuran yang besar namun tidak boleh terlalu besar, sampai-sampai anak akan susah memainkannya. Pilih ukuran mainan yang cocok dengan tubuh anak, sampai-sampai anak bakal nyaman ketika memainkannya.

Perhatikan bahan mainan

Moms, kalian pernah dengar mainan dengan bahan riskan yang beredar di toko-toko. Mainan-mainan itu berisi senyawa kimia yang tidak ramah guna anak-anak malah riskan untuk anak-anak. Untuk tersebut pilihlah mainan dengan bahan yang aman guna anak-anak ya Moms. Pastikan mainan yang Mommy beli guna si kecil telah berlabel SNI ya. Hal tersebut untuk mengurangi akibat buruk dari bahan mainan yang berbahaya, Tidak inginkan kan, ketika anak anda yang seharusnya senang bermain dengan mainannya justeru harus jadi korban dari mainan tersebut.

Hindari mainan yang mempunyai sisi tajam

Di samping dari bahan pembuatnya yang tidak berisi bahan riskan Mommy pun harus memperhatikan format mainan itu ya. Hindari mainan dengan sisi-sisi yang tajam. Sisi-sisi mainan bisa membahayakan tubuh si kecil. Bisa saja ketika memainkannya si kecil melukai dirinya sebab memegang sisi tajam dari mainan tersebut. Jadi hindari mainan dengan sisi tajam dan berikan mainan dengan sisi yang tumpul dan dengan bahan yang halus supaya tidak melukai si kecil.

Pilih mainan yang dapat dicuci

Memberi mainan yang tidak sedikit memang tidak masalah, tetapi perlu di simaklah lagi kesucian mainan itu ya Moms. Pilih mainan yang dapat dicuci atau mudah dimurnikan dengan air. Karena anda tidak tahu jumlah bakteri yang menempel pada mainan tersebut, guna menghindari urusan itu kita dapat mengurangi dampaknya dengan menjaga kesucian mainan-mainan itu yaitu dengan mencucinya. Tidak inginkan kan anak anda sakit sebab terkena bakteri pada mainannya.

Sumber : http://lklk.biz/www.pelajaran.co.id