Cara Asah Kepedulian Sosial Pada Anak

Cara Asah Kepedulian Sosial Pada Anak

Inilah cara-cara supaya anak mempunyai kepedulian sosial seraya menikmati pekerjaan keluarga yang menyenangkan. Di sebuah lokasi tinggal kecil Lowther yang terletak di suatu kota kecil di Jawa, mereka merayakan hari ulang tahun dengan teknik yang tidak banyak berbeda.

Seperti pesta anak-anak pada umumnya, saya dan anda bisa melihat anak-anak berkerumun di dekat tumpukan hadiah guna mengagumi bingkisan yang dibalut warna-warni. Namun, terdapat satu perbedaan besar pada acara perayaan ulang tahun di family ini. Isi kado itu bukanlah hadiah guna putri mereka yang sedang berulang tahun. Isi kadonya ialah pilihan pekerjaan amal untuk putrinya: suatu tempat penampungan yang mengasuh hewan-hewan terlantar, ditinggalkan, dan tidak mempunyai rumah.

Sebagai unsur dari tradisi family Sukoco, saat Anda memasuki usia 7 tahun, kita tidak bakal lagi sekadar merasakan meriahnya pesta ulang tahun. Teman-teman yang datang ke pesta Anda malah akan diminta untuk membawa hadiah yang nantinya bakal Anda buka sebelum hadiah itu disumbangkan untuk badan amal opsi Anda.

“Anda mesti menyaksikan betapa bersemangatnya kawan-kawan putri saya saat dia membuka bingkisan yang mengandung pasir guna kotoran kucing atau kalung kucing berwarna merah muda,” ujar Widarti, ibu dari 3 orang anak wanita ini. “Anda barangkali akan beranggapan bahwa itu ialah poster selebriti.”

Tempat penampungan fauna adalah pilihan kesayangan karena empiris istimewa yang ditawarkan. Pemiliknya paling gembira dengan pertolongan yang diserahkan dan anak-anak bisa bermain dengan binatang, seraya belajar bagaimana pekerjaan beramal ini dapat menambah kualitas hidup mereka.

“Saya hendak mengajar mereka guna peduli terhadap orang lain,” ucap sang ibu. “Hari ini, kami belajar mengenai merawat binatang, urusan yang bisa mereka pahami di umur dini. Seiring dengan bertambahnya umur anak-anak, kami berencana untuk membicarakan topik dan masalah yang lebih serius – seperti contohnya menghibur anak-anak di lokasi tinggal sakit sakit atau anak-anak di sekian banyak belahan dunia yang memerlukan makanan, lokasi tinggal, bahkan pensil. Sangat penting untuk mereka guna belajar bahwa tidak seluruh orang seberuntung mereka, dan mereka dapat menciptakan sebuah perbedaan.“

Keluarga Sukoco tidak sendirian. Sudah tidak sedikit orangtua yang menanamkan kepedulian sosial dalam pola asuh yang diterapkan guna anak-anak mereka. Contoh lainnya ialah seorang ibu mempunyai nama Diandra yang berprofesi sebagai seorang guru SMP. Dia melakukan sekian banyak kegiatan penggalangan dana di sekolahnya, termasuk menolong anak-anak kelaparan, menyumbang buku-buku bekas, dan satu hari khusus guna kontemplasi yang dilaksanakan setiap tahun untuk menambah kepedulian terhadap anak-anak yang terabaikan di semua dunia.

Diandra pun melakukan urusan yang sama untuk edukasi anak laki-lakinya yang berusia 5 tahun. Ia mengoleksi makanan kaleng pada hari Halloween guna disumbangkan serta menyisihkan sepertiga dari duit jajannya masing-masing minggu guna disumbangkan untuk badan amal pilihannya di akhir tahun.

“Kami hendak ia menyadari bahwa ia sungguh beruntung sebab dapat memiliki tidak sedikit hal, namun tersebut juga berarti bahwa dia mempunyai tidak sedikit hal yang dapat diberikan kepada orang lain,” pungkasnya.

Sebagai orangtua, Anda pun dapat mengekor jejak semua orangtua di atas guna mengajarkan kepedulian pada anak semenjak dini. Kepedulian yang diajarkan semenjak dini bakal tertanam dalam pikiran anak kita dan memengaruhi pribadinya sampai beranjak dewasa. Berikut ialah sepuluh teknik untuk menciptakan anak kita mempunyai kepedulian sosial seraya menikmati pekerjaan keluarga yang menyenangkan.

1. Mengunjungi panti asuhan dan bermain bareng anak-anak di sana.
2. Menyumbangkan mainan dan pakaian pantas pakai guna anak-anak yang membutuhkan.
3. Mengajak anak kita menyumbangkan beberapa dari duit sakunya guna beramal.
4. Menolong anak yang tidak cukup mampu.
5. Turut membantu pekerjaan gotong royong yang terdapat di masyarakat.
6. Menyumbangkan buku-buku ke perpustakaan atau lokasi tinggal baca.
7. Menyumbangkan makanan untuk orang lain.
8. Menciptakan kelaziman baru di family dengan menjadi sukarelawan.
9. Ikut menolong di lokasi penampungan hewan.
10. Turut serta dalam pekerjaan gerak jalan, lari, sepatu roda, atau bersepeda guna amal.

Kesepuluh teknik tersebut bisa Anda coba guna mulai mengajarkan kepedulian pada anak Anda. Jika kita memiliki gagasan lain sebagai pilihan teknik lainnya, tidak boleh ragu guna mencobanya. Apapun teknik yang kita lakukan, semoga sukses memberikan definisi pada anak mengenai makna bersyukur dan pentingnya kepedulian pada orang lain.

Sumber : https://tinyurl.com/y356a256