Cara Agar Tetap Bahagia di Hari Tua

Cara Agar Tetap Bahagia di Hari Tua

Saat remaja, Anda tidak jarang kali menyambut ulang tahun dengan riang gembira. Bertambahnya umur tak melulu berarti saatnya berfoya-foya mentraktir teman-teman santap di restoran favorit, tapi pun semakin dekatnya ketika Anda untuk dapat menyetir sendiri, dapat pulang lebih malam, atau menilai opsi sendiri. Saat remaja, meningkatnya usia dapat diasosiasikan dengan kemerdekaan yang lebih luas.

Tapi saat angka 29 pulang menjadi 30, atau 39 berubah jadi 40, dapat jadi pandangan ini berubah. Tahun demi tahun, evolusi yang terjadi bakal semakin banyak. Fisik pun Anda bakal berubah. Daya tahan dan metabolisme tubuh tak lagi sama. Masalah kesehatan juga menghantui. Akibatnya, bila saat remaja kita mengasosiasikan pertambahan umur sebagai meningkatnya kebebasan, sekarang mungkin Anda malah merasa kemerdekaan Anda bakal semakin berkurang ketika usia kita bertambah, sebab keterbatasan jasmani yang barangkali mulai kita miliki.

Tentu saja Anda tidak bisa melawan waktu. Kalau Anda terlampau sibuk mengeluhkan pertambahan umur Anda, Anda malah tidak dapat menikmati masa-masa yang kita punya. Ingat, tidak seluruh orang mendapat berkah usia yang panjang. Berikut ini sejumlah cara yang bisa Anda kerjakan untuk menerima pertambahan umur Anda dengan bijak.

1. Tetap aktif dalam urusan yang kita sukai
Jangan batasi hidup kita dengan karier, pernikahan, dan family Anda saja. Lakukan pun hal beda yang kita sukai, sampai-sampai Anda bisa tetap mengekspresikan diri Anda. Kemampuan mengekspresikan diri ini pun akan memengaruhi perasaan puas terhadap diri sendiri dan merangsang munculnya perasaan bahagia. Asal tahu saja, kebahagiaan menolong meningkatkan kekebalan tubuh dan meminimalisir stres, sehingga mengawal kelancaran peredaran darah serta detak jantung. Jadi, sehat ialah salah satu efek positif bahagia.

2. Coba sesuatu yang baru
Anda tidak pernah terlampau tua untuk mengupayakan sesuatu yang baru. Coba lihat saja Peggy McAlpine, seorang nenek dari Skotlandia yang mengerjakan terjun payung di umur 104 tahun. Hebat, ya? kita pun dapat mencoba sebuah hal baru. Coba kerjakan suatu urusan baru di luar rutinitas Anda. Kepuasan yang kita rasakan sebab berani mengupayakan hal baru dapat membuat kita merasa muda lagi!

3. Menjaga kehidupan sosial
Salah satu perasaan yang hadir di umur tua ialah merasa tidak bermanfaat karena tidak lagi dapat melakukan sekian banyak hal yang dulu dapat Anda kerjakan dengan mudah. Tapi mengawal hubungan dengan teman-teman lama akan menolong Anda melupakan perasaan tersebut. kita tidak melulu mempunyai teman guna merayakan saat-saat bahagia, tapi pun untuk menolong Anda ketika masalah susah menghadang.

4. Tetap berolahraga
Poin yang ini tentu sudah kita ketahui, namun tak jarang yang susah untuk melakukannya. Olahraga rutin menolong Anda mengawal kesehatan sekaligus menciptakan Anda lebih bahagia. Siapa sih yang suka bila harus berbaring di lokasi tidur sebab sakit?

5. Jangan membanding-bandingkan diri sendiri
Tidak seluruh orang dapat terlihat laksana berusia 25 tahun di umur 40. Kalau kita terus menerus mencocokkan diri dengan masa muda Anda, Anda dapat jadi justru merasa tertekan. Yang penting ialah Anda tetap sehat dan tampil sebaik mungkin.

Sumber : http://gg.gg/f4va1