Peringati HUT Korpri, BPS Gelar Beragam Acara

Peringati HUT Korpri, BPS Gelar Beragam Acara

Peringati HUT Korpri, BPS Gelar Beragam Acara

Peringati HUT Korpri, BPS Gelar Beragam Acara

Peringati HUT Korpri, BPS Gelar Beragam Acara

Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar beberapa acara untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang jatuh setiap 29 November.

Salah satu acara yang digelar, adalah pameran perpustakaan bertema “Budayakan Literasi, Ciptakan Inovasi” di Gedung 1 BPS, Sabtu (24/11).

Acara dilanjutkan dengan talkshow bersama Danial Rifki, sutradara Film Haji Backpacker. Tema talkshow adalah “Peran Perfilman Indonesia dalam Meningkatkan Literasi Statistik”.

Pada hari ini pula, di Hotel Santika Premiere Harapan Indah, Bekasi, BPS menyelenggarakan diskusi mengenai Perubahan/Penggantian UU Statistik No 16/1997 yang telah berusia kurang lebih 21 tahun sejak diundangkan 19 Mei 1997 lalu.

Beberapa pakar dan ahli hukum yang menjadi peserta diskusi, antara lain Jimly Ashidiqqie, Khairil A Notodipuro,

Kresnayana Yahya, Anang Kurnia, dan Heri Kuswanto. Hadir juga Deputi Bidang Statistik Sosial Margo Yuwono, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Yunita Rusanti serta mantan Kepala BPS Rusman Heriawan. Bertindak sebagai moderator Sestama BPS Adi Lumaksono.

Dalam pengantarnya, Adi menjelaskan, perkembangan situasi global dalam dua dekade terakhir menyebabkan kebutuhan akan data statistik diberbagai sektor semakin meningkat.

“Hal ini membuat UU Statistik terlihat kurang responsif mengantisipasi perkembangan zaman, apalagi UU Statistik No16/1997 disusun jauh sebelum era otonomi daerah serta keterbukaan informasi publik,” katanya seperti dalam rilis yang diterima redaksi.

Di samping itu, katanya, diberlakukannya sejumlah peraturan perundang-undangan membuat UU Statistik

menjadi kurang sejalan dengan peraturan perundang-undangan lainnya.

“Pemahaman kita tentang data ini harus berubah, idealnya kita sebagai negara ini harus mempunyai pusat database. Dulu namanya Biro Pusat Statistik sekarang naik pangkat menjadi Badan Pusat Statistik. Ke depan mestinya berubah lagi, statistik bukan menjadi nama. Itu kan hanya metode ilmiah, mestinya menjadi Badan Pusat Database,” kata Jimly Asshidiqie yang didaulat menjadi pembicara pertama pada acara FGD ini.

Selanjutnya, rangkaian acara HUT Korpri adalah upacara bendera pada 29 November dan dilanjutkan

dengan acara donor darah.

Pada 5 Desember nanti, bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) BPS akan digelar talkshow tentang kesehatan dengan tema “Perempuan dan Kesehatan: Tonggak Utama Keluarga Bahagia”. Narasumber yang akan hadir Arini Kusmintarti dan Agung Karmawati Noersatryo.

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/