Beberapa Tips Mudah Merawat Motor Matic Agar Awet Dan Tahan Lama Yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa Tips Mudah Merawat Motor Matic Agar Awet Dan Tahan Lama Yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa Tips Mudah Merawat Motor Matic Agar Awet Dan Tahan Lama Yang Perlu Anda Ketahui
Di indonesia terlebih pengguna motor matic barangkali telah banyak ,baik itu kaum adam maupun udara yang mengendarai motor matic. Perawatan Motor matic sebetulnya tidak jauh berbeda dengan motor bebek 4 tak. Motor matic sebetulnya butuh perawatan spesifik dari pemilikinya terlebih saat ini motor matic telah banyak manfaatkan teknologi injeksi yang dalam perawatanya butuh tenaga ekstra keras serta perawatanya tidak semudah manfaatkan karburator.

Jika kamu pengguna motor matic barangkali tips di bawah ini cara melindungi motor matic bisa kamu cobalah dan praktekan di tempat tinggal supaya mesin motor tetep awet serta tahan lama.Sebenarnya tidak jauh beda dengan tips melindungi motor 4 tak;

Baiklah langsung saja, tersebut ini lebih dari satu tips yang bisa kamu cobalah praktekan di tempat tinggal , tips ini berasal dari analisis berbagai sumber :

1.Panasi Motor terlebih dahulu sebelum saat digunakan untuk aktifitas.
Hal yang tidak lumrah kalau kala motor dibutuhkan kamu langsung gas tanpa jalankan pemanasan terhadap mesin motor.Coba biasakan sebelum saat motor digunakan kamu panasi terlebih dahulu mesin motor kamu , supaya oli keseluruhan bisa tercampur merata di dalam mesin supaya performance motor bisa maksimal.Untuk jalankan pemanasan mesin lumayan menghidupkan selama 5 atapun 10 Menit.

2.Jangan Sering Mengubah Kecepatan Laju Secara Mendadak
Bagi kalangan anak gampang kebut kebutan adalah perihal yang lumrah , dikarenakan andrenalin anak muda itu biasanya membara , kenapa? ya perihal tersebut pernah kala aku pulang sekolah SMA , terasa nampak pintu gerbang langsung tancap gas mentok sambil jalankan transmisi gigi, konsisten rem mendadak dan gas lagi. Usahakan untuk kala ini kamu manfaatkan motor matic jangan biasakan dalam kecepatan kecang kemudian tiba- tiba mengerem mendadak & menarik gas lagi sampai kencang & mengerem lagi perihal tersebut memicu mesin motor matic kamu cepet rusak.

3.Selalu Cek Bahan Bakar (Bensin)
Beberapa orang kala bensin berkenan habis baru jalankan pengisian ,ada yang lebih kronis lagi ,sampai motor tidak bisa di jalankan baru di mengisi bahan bakarnya (bensin). Hal tersebut jangan sampai terulang lagi ya, usahakan jarum penunjuk bahan bakar jangan sampai di posisi E / empty apa lagi melalui dari huruf E di keterangan speedometer motor anda. Usahakan untuk senantiasa mengisi bensin motor kamu jangan sampai tangki bahan bakar motor kamu kosong.

4.Rutin dalam mengganti oli motor matic anda
Bagi kamu yang membawa motor matic usahakan rutin mengganti oli motor .Untuk jadwal pergantian oli motor itu dijalankan tiap-tiap 1000 KM & untuk pergantian oli transmisi motor maksimal kala telah menggapai 5000 KM.

5.Periksa Kondisi Aki serta Busi
2 komponen motor ini wajib tetep di jaga supaya performance motor tetep stabil serta supaya tidak gampang mogok kala berkendara baik perjalanan jauh / pendek. Busi yang dalam suasana sempurna terhadap motor benar-benar berfungsi untuk motor matic supaya senantiasa melaju dengan kecang. Jika komponen aki dan busi tidak berfungsi sebagai seharusnya maka langsung ubah dengan yang baru usahakan dari bengkel yang resmi.

6.Periksa Roler & Ventbelt.
Jika terhadap motor bebek maka yang di check adalah rantai motor & gear tetapi motor metic kamu wajib jalankan pengecekan roler & ventbelt.Jika kala kamu check & telah dalam suasana tidak layak manfaatkan pasti kamu bisa usahakan untuk menggantinya dengan yang baru kalau bisa standard (original)

7.Ganti Oli Shockbreaker.
Perlu diketahui Oli juga bukan hanya terkandung terhadap mesin motor , namun oli juga terkandung terhadap shockbreaker, perihal ini juga wajib adanya pergantian tujuannya supaya shock motor senantiasa berfungsi sebagai mana mestinya. Perlu diketahui untuk pergantian sendiri Shock Motor bisa diganti tiap-tiap motor menggapai 10000KM.

8.Gunakan Bensin Berkualitas.
Tidak jarang ada saja orang orang yang menjajakan bensin oplosan / campuran , meskipun demikian tidak banyak namun kamu wajib berhati- hati. Kualitas bensin sangatlah mempengaruhi mutu mesin motor anda, sebaiknya untuk mengisi bensin motor carilah tepat yang dikelola oleh pemerintah (POM) / area area penjual bensin yang sebetulnya telah kamu percaya. Apabila yang di menjual bensin murni, motor dapat safe namun sebaliknya kalau bukan bensin murni pasti dapat memicu bahaya bagi motor kita.

Sumber : www.kumpulansurat.co.id

Baca Juga :