PENGERTIAN COCOMO

PENGERTIAN COCOMO

PENGERTIAN COCOMO

PENGERTIAN COCOMO

PENGERTIAN COCOMO

 

COCOMO atau Model Biaya Konstruktif adalah

algoritma perangkat lunak biaya model estimasi yang dikembangkan oleh Barry Boehm W. Model ini menggunakan dasar regresi formula dengan parameter yang berasal dari data proyek historis dan karakteristik proyek ini.

Jenis – jenis Model Biaya Konstruktif :

  1. Model dasar

Menghitung usaha pengembangan perangkat lunak (dan biaya) sebagai fungsi dari ukuran program. Ukuran program dinyatakan dalam ribuan perkiraan baris kode. Model dasar ini baik untuk perkiraan cepat biaya perangkat lunak. Namun model ini tidak memperhitungkan perbedaan kualitas perangkat keras, kendala personil dan pengalaman, penggunaan alat-alat modern dan teknik, dan sebagainya.

  1. Model Menegah

Menghitung usaha pengembangan perangkat lunak sebagai fungsi dari ukuran program dan serangkaian “pengendali biaya” yang mencakup penilaian subjektif dari produk, perangkat keras, personil dan atribut proyek. Ekstensi ini menganggap satu set empat “driver biaya”, masing-masing dengan sejumlah atribut, yaitu atribut produk, atribut hardware, atribut personil dan atribut proyek.

  1. Model Terperinci (Detail)

Menggabungkan semua karakteristik versi intermediate dengan penilaian terhadap pengaruh pengendali biaya pada setiap langkah (analisis, desain, dll) dari proses rekayasa perangkat lunak.

 

Model terperinci ini menggunakan pengganda usaha yang berbeda untuk setiap atribut. Model ini melakukan penggandaan Tahap Sensitif untuk menentukan jumlah usaha yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap tahap. Dalam COCOMO terperinci, usaha tersebut akan dihitung sebagai fungsi dari ukuran program dan serangkaian driver biaya diberikan sesuai dengan setiap tahapan siklus hidup perangkat lunak. Sebuah jadwal proyek Detil tidak pernah statis

Sumber : https://inkhive.com/2019/05/25/3-ways-spread-environmental-education-online/