Tantangan Hebat Pendidikan Karakter

Tantangan Hebat Pendidikan Karakter

Tantangan hebat pendidikan karakter – Di sarana jaman cetak, elektronik dan jaringan, terlampau kerap kita tengok pola bertingkah dan berkata orang dewasa sungguh menggelikan.

Dalam forum atau diskusi, mereka menunjukkan langkah berkata yang tidak cukup bagus di hadapan orang banyak, juga anak. Misalnya berkata penuh emosi, berebut bicara, saling menuding dan menghujat.

Anak-anak sudah pintar menilai, zaman sekarang orang dewasa sudah terasa berani berkata sesuka hati di depan publik. Mereka pasti bukan orang sembarangan. Justru orang-orang tergolong intelektual. Intelektual saja sudah begitu ngomongnya lebih-lebih orang awam?

Itu hanya tidak benar satu tantangan didalam mengembangkan pendidikan karakter anak. Bagaimana karakter anak dapat tumbuh dengan baik kecuali orang deawasa tidak mengimbuhkan tauladan kepada calon pemimpin bangsa untuk sekian tahun mendatang?

Di lembaga sekolah dan pendidikan formal, lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga. Anak-anak diajari bagaimana bersikap dan bertingkah laku dan juga berbicara. Terhadap orang yang lebih kecil, terhadap kawan seusia dan terhadap orang yang lebih tua.

Menumbuhkembangkan karakter baik terhadap anak tidaklah semudah membalik telapak tangan. Meskipun tugas tersebut tidak hanya di tangan orang tua, pihak sekolah dan lingkungan masyarakat di mana berada.

Orang tua mengupayakan sebaik kemungkinan menumbuhkembangkan karakter baik terhadap anak melalui misal dan keteladan. Begitu pula melalui lembaga pendidikan di sekolah.

Nilai-nilai karakter ditanamkan kepada peserta didik melalui mata pelajaran yang ada. Namun lingkungan terlampau memengaruhi tumbuhkembangnya karakter anak tersebut.

Sumber : https://www.lele.co.id/panduan-lengkap-7-cara-menanam-hidroponik-sederhana-di-pekarangan/