Jenis Ikan yang Hidup Di Perairan Laut Dalam

Jenis Ikan yang Hidup Di Perairan Laut Dalam

Jenis Ikan yang Hidup Di Perairan Laut Dalam

Jenis Ikan yang Hidup Di Perairan Laut Dalam

Jenis Ikan yang Hidup Di Perairan Laut Dalam

Deep fishs adalah sebutan untuk ikan yang hidup di zona laut fotik atau laut dalam. Ikan yang hidup di perairan laut dalam diantaranya adalah lentera ikan, ikan senter, hiu kue manis, mulut bulu, angelfish, dan viperfish, ikan kapak, belut gilfer, ikan paus.

  1. Paus

Ikan paus menyelam ke laut dalam untuk mencari mangsa, namun mereka juga berenang ke permukaan untuk mendapatkan oksigen.

  1. Viperfish

Viperfish ( ditemukan di zona mesopelagik pada  kedalaman 80 – 1600 meter ) merupakan  ikan yang terlihat seperti monster laut yang kejam. Beberapa dari mereka berwarna hitam saat malam dengan organ cahaya ( yang disebut dengan photophores ). Fotofor terletak pada salah satu tempat strategis pada tubuhnya.  Beberapa viperfish  dan banyak spesies ikan laut dalam lainnya tidak memiliki pigmen sehingga semua nya transparan.Mereka juga memiliki mata yang besar untuk mengumpulkan cahaya dari daerah yang sangan minim cahaya. Organ penghasil cahaya dari hewan laut mengahsilkan cahaya karena bioluminescen.

  1. Ikan kapak

Ikan ini memiliki cahaya yang merebut perhatian mangsanya sehingga ia mudah untuk menagkap mangsa.

  1. Gulper Eel (Eurypharynx pelecanoides)

Gulper Eel atau nama latinnya  Eurypharynx pelecanoides merupakan salah satu makhluk teraneh yang hidup di laut dalam. Mulut dari ikan ini sangat lebar sehingga dapat memangsa hewan yang lebih besar dari nya.  Perut iakn ini juga dapat meregang untuk mengakomodasi makanan  yang besar.Selain itu  Eurypharynx pelecanoides juga memiliki ekor yang panjang . Ikan jenis ini ditemukan hampir di seluruh laut di dunia pada kedalaman 3000- 6000 kaki

  1. Fangtooth

Fangtooth atau Anoplogaster cornuta hidup pada kedalaman 16 feet . Meskipun terlihat seperti monster, hanya tumbuh sampai 6 inchi panjangnya, memiliki body yang pensek dan kepala yang besar. Anoplogaster cornuta disebut juga fangtooth karena memiliki taringyang panjang , tajam , serta ggi – gigi lain yang menyerupai taring dalam jumlah yang banyak dan mulut yang besar.

contoh teks ulasan lagu – Warna dari fangtooth dewasa berkisar antara coklat gelap hingga hitam. Sedangkan fangtooth muda berwarna abu –abu cerah. Tekanan pada kedalaman 16 feet sangat lah tinggi , air juga hampir membeku, makanan juga sangat langka sehingga fangtooth akan memakan apa saja yang dapat ia temukan. Fangtooth  ditemukan hampir ditemukan di seluruh laut dalam di dunia termasuk di daerah tropis.

  1. Dragonfish

Ikan naga ( dragonfish ) atau Grammatostomias flagellibarba, adalah predator buas meskipun berukuran kecil. Dragonfish memiliki kepala yang besar , mulut yang dilengkapi dengan gigi yang menyerupai taring yang tajam. Ikan ini mampu tumbuh hingga panjangnya 6 inchi.Ikan naga (n dragonfish ) memiliki photophores di sepanjang sisi tubuhnya. Organ penghasil cahaya inilah yng digunakan  sebagai tanda kepada dragonfish lainnya selama kawin selain itu digunakan pula untuk menarik perhatian mengsanya . Dragonfish hidup pada kedalaman 5000 feet ( 1500 ) meter dan ditemukan pada laut tropis.

  1.  Angler (Melanocetus Jhonsoni)

Angler atau Melanocetus johnsoni, memiliki badan yang berbentuk seperti bola basket. Melanocetus johnsoni memiliki mulut yang lebar dengan gigi yang menyerupai taring yang tajam. Melanocetus johnsoni hanya tumbuh hingga panjang 5 inchi. Melanocetus johnsoni diberi julukan angler karena ikan tersebutmemiliki tulang belakang yang panjang dan pada ujungnya terdapat photophores ( yang memproduksi cahaya ). Fakta yang naeh dari ikan ini adalah bahwa ikan yang jantan lebih kecil  dari iakn betina dan memiliki gigi kait yang kecil yang digunakan untuk menempel pada ikan betina. Ketika menempel maka pembuluh darah iakn jantan akan menyatu dengan pembuluh darah ikan betina. Ikan jantan seperti parasit, karena mendapat seluruh nutrisi nya dari ikan betina. Apabila ikan jantan tidak mampu menempel pada betina maka ia akan mati kelaparan. Melanocetus johnsoni ditemukan pada kedalaman lebih dari 3000 feet.

  1. Architeuthis dux

Architeuthis dux, merupakan salah satu dari hewan terbesar di bumi dengan panjang mencapa 60 kaki sehingga    Architeuthis dux  sekaligus menjadi avertebrata terbesar di dunia. Architeuthis dux  masuk ke dalam kelas cephalopoda  filum molluska dan merupakan hewan karnivora ( kan memakan apa saja yang dapat ditangkap ).

  1. Harriotta raleighana

dapat mencapai 5 feet panjangnya . Ikan jenis memiliki belati kecil seperti hidung yang mengingatkan pada salah satu kontur hidung pesawat jet supersonik. Harriotta raleighana memiliki racun pada bgaian pertama tulang belakang nya  yang dapat membunuh manusia. Ikan ini hidup pada kedalaman 8000 kaki.Harriotta raleighana

  1. Coffinfish (b. melanostamus)

B.melanostomus  memiliki badan yang lembek dan ekor yang panjang yang ditutupi oleh duri – duri kecil. Spesies ini dapat tumbuh hingga panjang minimal 10 cm. B.melanostomus  hidup pada kedalaman 1320 m sampai 1760 m. Nama B.melanostomus   diambil dari  bahasa yunani melanos yang berarti hitam dan stoma yang berarti mulut.

  1. Bathynomus giganteus

Isopoda raksasa atau yang di kenal dengan nama ilmiah Bathynomus giganteus merupakan salah satu anggota dari family isopoda Hewan ini dapat mencapai panjang hingga 16 inchi . Bathynomus giganteus merupakan krustasea karnivor yang beradaptasi untuk memakan apasaja yang jatuh dasar laut selain itu ia juga memakan beberapa  invertebrate kecil yang hidup pada kedalaman 2000 kaki.