CARA MENGAJAR BAHASA INGGRIS ANAK-ANAK

CARA MENGAJAR BAHASA INGGRIS ANAK-ANAK

CARA MENGAJAR BAHASA INGGRIS ANAK-ANAK

CARA MENGAJAR BAHASA INGGRIS ANAK-ANAK

CARA MENGAJAR BAHASA INGGRIS ANAK-ANAK

Mengajar anak-anak terutama anak SD memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena terkadang mudah dan terkadang susah, terkadang menyenangkan dan terkadang menyebalkan.

Saya pernah mengajar bahasa inggris untuk anak-anak SD, SMP, SMA, dan anak-anak lulusan SMA, baik yang untuk bekal kuliah ataupun untuk bekal bekerja.

Namun kali ini saya akan berbagi cerita pengalaman saya mengajar bahasa inggris anak SD.

Seperti kita tahu, dunia anak adalah dunia bermain. Jadi apapun kegiatan yang dilakukan anak-anak masih didominasi dengan permainan dan main-main. Begitupun dengan belajar. Jadi jangan heran kalau mereka sering bermain saat sedang belajar.

Kata orang, masa belajar anak-anak memang bisa dikatakan masa emas karena daya tangkap anak dalam belajar memang masih bagus berbeda dengan orang dewasa yang sudah terkontaminasi otaknya karena sudah terlalu banyak pikiran, mikir ini, mikir itu dan lain-lain.

Beberapa masalah yang muncul saat anak-anak belajar antara lain: Main sendiri saat belajar, ngomong sendiri saat belajar bahkan tidak jarang yang kadang teriak-teriak sampai nyanyi sendiri, gurunya ngomong muridnya juga ngomong. Tapi bagusnya mereka kadang bertanya pertanyaan yang jujur dan polos dan terkadang juga pertanyaan yang menantang.

Tapi mengajar bahasa inggris anak-anak tidak seterusnya menyebalkan bahkan sering juga menyenangkan.

Nah, agar mengajar bahasa inggris anak-anak lebih efektif dan menyenangkan berikut tips-tipsnya berdasarkan pengalaman saya pribadi.

Cara Mengatar Pertama

pahami dan ikuti dunia anak. Yaitu dunia bermain, jadi seolah kita adalah bagian dari mereka. Disini adalah kesempatan untuk menyisipkan materi yang kita ajarkan yang dikemas dalam permainan yang mereka sukai. Bagaimana caranya? Silakan berkreasi sendiri karena tiap kita memiliki cara yang berbeda-beda dan ini sangat situasional sekali, jadi diperlukan kreatifitas disini. Karena seorang guru adalah orang yang kreatif.

Cara Mengatar Kedua

perbanyaklah permainan. Anak-anak sangat suka dengan permainan maka kemaslah materi dalam sebuah permainan, apalagi permainan yang menantang dan mengkondisikan mereka dalam persaingan, tentunya mereka akan semangat sekali untuk belajar sambil bermain.

Cara Mengatar Ketiga

perbanyaklah nyanyian dalam bahasa inggris. Selain menyukai permainan, biasanya anak-anak juga senang kalau diajari menyanyi dalam bahasa inggris. Kita bisa kemas materi kita dalam sebuah nyanyian.

Cara Mengatar Keempat

perbanyaklah anak untuk bergerak. Misalnya bernyanyi sambil berdiri, ataupun mempraktekkan yang berkaitan dengan materi yang diajarkan.

Demikianlah sekilas pengalaman saya mengajar bahasa inggris anak-anak SD. Semoga bermanfaat dan cintailah pekerjaan Anda apapun pekerjaanya, apabila kita sudah cinta dan dilakukan sepenuh jiwa, maka kitapun akan menikmati pekerjaan kita tanpa adanya suatu paksaan. Dan biasanya kalau sudah cinta, maka akan lebih maksimal.

Sumber: https://www.sekolahbahasainggris.co.id/