Alternatif Kriteria Kelulusan Seleksi SKD CPNS 2018

Alternatif Kriteria Kelulusan Seleksi SKD CPNS 2018

Alternatif Kriteria Kelulusan Seleksi SKD CPNS 2018

 

Alternatif Kriteria Kelulusan Seleksi SKD CPNS 2018

 

BANDUNG, DISDIK JABAR

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di lingkungan Pemerintahan Provinsi Jawa Barat telah melakukan Computer Assisted Test Seleksi Kompetensi Dasar (CAT SKD). Seleksi ini telah di jadwalkan mulai 26 Oktober – 3 November 2018. Setelah seleksi tersebut, dijadwalkan pada 22-28 November 2018 Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi peserta yang lulus.

Dilansir dari akun resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) telah menyelenggarakan rapat intens membahas tentang kriteria kelulusan seleksi SKD CPNS 2018 pada Kamis, 15 November 2018. Kebijakan baru pada kelulusan tersebut akan dikeluarkan untuk mengatasi minimnya peserta yang lulus. Banyak peserta yang tidak memenuhi passing grade yang telah ditentukan.

Terdapat tiga sub ujian pada SKD CPNS 2018 tersebut

diantaranya Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TWU) dan Tes Karaktersitik Pribadi (TKP). Ketiga tes ini memiliki tingkat kelulusan yanv berbeda-beda. Setiap pesesta harus memenuhi standar passing grade yang telah ditentukan.

Kali ini pemerintah memberikan alternatif dengan menerapkan sistem ranking untuk kriteria kelulusan SKD 2018.

Dilansir dari berbagai media, Kepala Bandan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Hari Wibisana mengatakan formasi tahun ini di dominasi oleh formasi guru dan tenaga kesehatan. Sehingga, penerimaan CPNS kali ini merupakan kebutuhan yang mendesak.

Bima mengatakan walaupun menerapkan sistem ranking

tetapi tetap tidak akan menurunkan passing grade. Hal tersebut karena akan menurunkan kualitas PNS. BKN akan menyusun rangking berdasarkan akumulasi nilai. Prioritas utama, tentunya diperuntukan pada peserta yang lulus murni, yaitu sesuai dengan passing grade.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 234 Tahun 2018 tanggal 30 Agustus Tahun 2018, tentang Kebutuhan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2018, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat telah membuka kesempatan kepada masyarakat yang berminat dan memenuhi syarat, untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut dilakukan melalui pendaftaran online melalui portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pada seleksi tersebuy, terdapat 1.085 formasi yang akan dibuka pada tahun ini.

 

Sumber: https://pendidikan.co.id/