Tips Mendidik Balita Usia 3 Tahun yang Benar

Begitu anak Anda mencapai usia 3 tahun seperti ini, Anda sudah bisa membaca suasana hatinya dan juga menanggapi berbagai kebutuhannya yang lebih cepat. Dia pun juga sudah bisa mengerti dan memahami Anda dengan baik. Dia tahu bahwasannya rasa cinta Anda padanya adalah tanpa syarat dan walaupun terkadang Anda tak menyukai perilakunya, Anda nanti akan selalu menyayanginya. Nah, di bawah ini ada beberapa tips menarik mendidik balita usia 3 tahun yang benar, yang bisa Anda contoh.

Tips Mendidik Balita Usia 3 Tahun yang Benar

Tips Mendidik Balita Usia 3 Tahun yang Benar

 

Tips mendidik balita usia 3 tahun

Melatih untuk melepaskannya

Walaupun masih 3 tahun sudah dapat bermain secara mandiri, dia masih ingin bundanya ada di dekatnya. Nah, di sini Anda bisa membantu sih kecil untuk lebih mudah berpisah dengan cara yang melatihnya lebih sering untuk mendapat perhatian Anda, lalu melepaskannya. Anda bisa lakukan hal ini dengan memberi anak perhatian sebentar akan tetapi sering. Beri satu atau pun dua menit perhatian penuh, lalu tinggalkan sih kecil bermain sendirian sebelum Anda kembali memberikan perhatian. Tips yang satu ini melatih sih kecil untuk bisa melepaskan Anda dan mulai belajar bahwasannya Anda nanti akan selalu kembali.

Pertarungan kehendak

Di usia balita yang sekarang ini nantinya dia anakĀ  mulai menyatakan dirinya sebagai seorang individu, dan sering sekali menolak untuk lakukan hal yang diperintahkan. Walaupun perilaku yang seperti ini cukup menantang bagi Anda, akan tetapi ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari anak dengan kemauan keras, yakni dia bisa mengungkapkan kebutuhannya secara jelas, kembangkan pendapatnya secara tegas, dan kecil kemungkinan jadi korban bully, baik sekarang atau ini di kemudian hari. Akan tetapi demikian, supaya sukses di rumah atau pun di taman bermain, dia juga perlu tahu apa yang harus dilakukan saat diberikan perintah.

Tangani tantrum

Dikarenakan dapat memalukan dan juga sulit sekali untuk diabaikan, tantrum adalah salah satu penyebab utama stress bagi orangtua. Sering sekali tantrum ini terjadi saat ada di depan umum, yang artinya Anda sedang menghadapi banyak penonton yang sedang amati Anda yang lagi berupaya redakan amukan dan jeritan sih kecil. Nah, untuk bisa mengatasi anak yang seperti ini diharapkan agar Anda tetap tenang, dan Anda bisaa ajarkan kepada sih kecil bahwasannya perasaan kuat tersebut tak perlu ditakuti dan bisa dikendalikan. Jadi, usahakan untuk selalu bersikap yang tenang dan tetap ada di dekat sih kecil supaya dia tetap aman.

Demikianlah tips mendidik balita usia 3 tahun yang benar, yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda semuanya ya. sumber : www.dosenpendidikan.com