Pengamalan Pancasila dengan Wujud Seni Pada Acara FLS2N 2018

Pengamalan Pancasila dengan Wujud Seni Pada Acara FLS2N 2018

 

Ajang unjuk prestasi pada bidang seni tahunan, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) memasuki tahun ke-11 penyelenggaraan. Menteri Pendidikan & Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, membuka secara resmi ajang ini Senin (27/8/2018) di GOR Sahabudin, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pengamalan Pancasila dengan Wujud Seni Pada Acara FLS2N 2018

Pengamalan Pancasila dengan Wujud Seni Pada Acara FLS2N 2018

Penyelenggaraan FLS2N pada Pangkalpinang merupakan spesifik untuk jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah pertama, dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK). Sebanyak 1.947 murid mengikuti FLS2N dengan aneka macam cabang lomba diantaranya, menyanyi solo, pantomim, tari tradisional, musik tradisional, melukis, gitar klasik, hingga MTQ.

Tema yg diangkat pada FLS2N tahun ini merupakan “Menumbuhkembangkan Seni, Memperkuat Karakter”. Melalui ajang ini, Mendikbud berharap seni sebagai keliru satu aktivitas pendidikan tidak hanya diarahkan buat menumbuhkembangkan estetika siswa, tetapi pula bisa mendorong perilaku kreatif siswa sebagai akibatnya dapat memperkuat karakter anak didik.

Mendikbud pun berpesan agar siswa menjadikan ajang ini buat memacu dalam mengamalkan Pancasila. “Peserta didik yang dari dari berbagai wilayah pada Indonesia diajak buat dapat mengembangkan dan mempertahankan nilai-nilai budaya bangsa, dan sebagai arena buat memacu, serta mendorong sesama siswa buat mengamalkan Pancasila dalam wujud seni yg paling indah sesuai dengan nilai-nilai luhur & kearifan lokal,” pesan Muhadjir.

Salah satu peserta FLS2N jenjang PKLK dari Bali, Ni Komang Anggita, mengaku senang & bangga bisa mewakili Provinsi Bali dalam ajang ini. Meskipun mempunyai keterbatasan dan berada di kursi roda, Ni Komang permanen berharap dapat sebagai yang terbaik. “Tantangannya versus-lawannya seluruh indah-mengagumkan, aku berharap bisa sebagai yg terbaik di antara yang lainnya saja,” ujar Ni Komang.

FLS2N jenjang Sekolah Dasar, SMP, & PKLK berlangsung 26 Agustus sampai 1 September 2018. Pada ketika yg bersamaan diselenggarakan pula FLS2N jenjang Sekolah Menengah Atas dan SMK di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. sumber : www.kuliahbahasainggris.com